SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

Pendidikan Anak Usia Dini, setiap PAUD di Kota akan mendapat bantuan Rp35 juta untuk infrastruktur dan dana operasional.

Solopos.com, SOLO–Pemerintah pusat menggelontor dana sebesar Rp6 miliar untuk pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun ini. Setiap PAUD diproyeksi mendapat bantuan sekitar Rp35 juta untuk perbaikan infrastruktur serta dana operasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Komisi IV DPRD, Reny Widyawati, mengatakan sejumlah PAUD sudah mengajukan permohonan untuk mengakses bantuan. Namun dia menyebut jumlah permohonan belum terlalu signifikan dibanding besaran bantuan. “Baru ada pengajuan dengan total sekitar Rp2 miliar dari Rp6 miliar yang disiapkan,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPRD, Rabu (10/2/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Reny, keterserapan anggaran itu tak sebanding dengan jumlah PAUD di Solo yang mencapai ratusan. Dia mengatakan ada sejumlah kendala dalam mengakses bantuan seperti ribetnya administrasi dan penyusunan pertanggungjawaban serta kewajiban PAUD berbadan hukum. Alasan tersebut membuat pengelola PAUD berpikir ulang dalam mengajukan bantuan. “Padahal bantuan dana ini sebenarnya strategis untuk menghidupi sejumlah PAUD yang kembang kempis,” tuturnya.

Reny tak menampik ada sejumlah PAUD yang belum berbadan hukum sehingga kesulitan mengakses bantuan. PAUD tersebut biasanya hanya mengantongi surat keputusan (SK) dari kelurahan setempat. Politikus Demokrat ini mendorong pengelola PAUD segera mengurus izin badan hukum sebagai pegangan lembaga selanjutnya. “PAUD yang berbadan hukum diharapkan juga meningkatkan profesionalitas lembaga pendidikan.”

Sekretaris Komisi IV, Asih Sunjoto Putro, meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solo menyosialisasikan secara rutin cara mengakses bantuan bagi PAUD. Menurut Asih, pengelola PAUD cenderung tidak mau ribet dalam pengurusan administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya