SOLOPOS.COM - Ilustrasi rapid antigen. (Bisnis.com/Eusebio Chrysnamurti)

Solopos.com, KARANGANYAR – Anggota Polres Karanganyar yang bertugas saat Operasi Lilin Candi tahun 2020 bakal melakukan swab antigen Covid-19 terhadap masyarakat secara acak dan terbatas.

Salah satu sasaran tes acak swab antigen ini adalah pengendara yang melintas di pintu keluar Tol Solo-Ngawi dan perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Karanganyar dilewati empat pintu tol, yakni di Klodran, Ngemplak, Kebakkramat, dan Gondangrejo. Sementara wilayah perbatasan dengan Jawa Timur berada di Kecamatan Tawangmangu.

Lokasi Rapid Test Antigen di Solo, Lengkap dengan Biayanya

"Penyekatan itu di pospam pintu keluar tol. Kalau yang perbatasan dengan Jawa Timur ada di Terminal Tawangmangu. Untuk pengendara yang melintasi Karanganyar akan kami lakukan swab antigen secara acak. Entah itu sudah membawa surat keterangan maupun belum. Petugas sudah siap di pospam," ungkap Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, Senin (21/12/2020).

Sayangnya, Kapolres Karanganyar enggan membagikan informasi perihal jadwal pelaksanaan swab antigen dan berapa jumlah alat yang disiapkan. Dia hanya menyampaikan alat yang disediakan terbatas sehingga akan dilaksanakan secara mendadak dan acak.

"Kalau kami beri tahu, nanti tidak jadi melintas. Kalau hasil swab antigen negatif maka silakan melanjutkan perjalan. Apabila positif maka akan ditindaklanjuti," tandasnya.

Begini Awal Mula Gibran Dituding Terlibat Korupsi Bansos Covid-19

200 Personel Dites

Sebelum melaksanakan tugas Operasi Lilin Candi 2020, sebanyak 200 personel Polres Karanganyar menjalani tes swab antigen. Hal ini dilakukan untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat dan siap melaksanakan tugas selama Operasi Lilin Candi tahun 2020.

"Kami mendapat bantuan alat rapid test antigen atau swab antigen. Maka kami laksanakan terhadap anggota yang bertugas selama Operasi Lilin Candi tahun 2020. Kepada personel yang bertugas di pos pengamanan dan lain-lain," kata Kapolres saat ditemui wartawan seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2020 di Mapolres Karanganyar, Senin (21/12/2020).

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Objek Wisata Air Klaten Ditutup Lagi

Operasi Lilin Candi tahun 2020 mulai dilaksanakan Senin (21/12/2020) hingga Sabtu (2/1/2021). Sebanyak 448 personel gabungan TNI/Polri, Pemkab Karanganyar, sukarelawan, dan lain-lain diterjunkan selama Operasi Lilin Candi tahun 2020.

"Kami laksanakan swab antigen ini untuk memastikan bahwa anggota yang akan bersentuhan dengan masyarakat dalam kondisi sehat. Demi keamanan dan kenyamanan bersama," ungkap Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya