Pendatang dari Luar Kota yang ke Solo Bakal Dicek Kesehatan, Ini Teknisnya!

Para pendatang dari luaar kota yang melintasi atau memiliki kegiatan di Solo harus menjalani tes kesehatan.
Pendatang dari Luar Kota yang ke Solo Bakal Dicek Kesehatan, Ini Teknisnya!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi cek kesehatan. (Facebook.com)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memilih pengetatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di akhir tahun. Pendatang dari luar kota dapat melintas, singgah, dan menghadiri undangan di Kota Solo bakal di-cek kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Hasta Gunawan, menepis kabar Kota Solo lockdown atau karantina wilayah. Pemkot Solo lebih memperketat dengan menyediakan tempat karantina bagi pemudik di Beteng Vastenburg dan alternatif tempat lain yang lebih baik.

"Kami mempersiapkan tempat yang baik. Bahkan kami sedang bernegosiasi dengan hotel. Pemkot Solo menyediakan tempat karantina. Pilihannya Beteng Vasterburg. Kalau persiapannya enggak layak, ke tempat yg lebih baik. Artinya ada dua tempat," kata dia kepada wartawan, Kamis (7/12/2020).

Dor Dor, Enam Pengikut Habib Rizieq Tewas Ditembak Polisi

Dia menjelaskan, warga dari luar kota bisa melintasi Kota Solo, melakukan rapat, menghadiri undangan pernikahan, dan menginap di hotel Kota Solo. Tetapi pendatang tersebut akan menjalani cek kesehatan Covid-19.

"Untuk para pemudik memang benar mereka dapat cuti. Kami hanya syaratkan yang sakit akan kami lakukan screening. Yang sehat lewat Kota Solo boleh. Wisatawan Tawangmangu lewat Solo boleh," kata dia.

Menurut Hasta, Dinas Perhubungan Kota Solo akan melakukan pengecekan kesehatan pendatang dari luar kota yang ke Solo dengan alat pengecekan suhu tubuh terbaru. Warga yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat celsius akan diobservasi lebih lanjut oleh petugas.

"Kami imbau para pelancong dan wisatawan datang  menjalankan protokol kesehatan ketat. Meskipun sedang di dalam mobil," papar dia.

Diawetkan Posisi Duduk, Jenazah Ditolak Masuk ke Pemakamannya Sendiri

Kepala Dishub Kota Solo, Hari Prihatno, menjelaskan teknis penyekatan sama seperti yang dilakukan Pemkot Solo jelang Lebaran. Penyekatan mulai berlaku Selasa (15/12/2020).

"Siapapun akan di cek. Teknisnya sama seperti dulu. Kami menyiapkan tiga armada untuk menjemput ke posko," paparnya.

Menurut Hari, petugas akan berjaga dua sif sampai tiga sif perhari di terminal, stasiun, dan bandara. Pemkot Solo telah berkoordinasi dengan pengelola terminal,stasiun, dan bandara.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago