SOLOPOS.COM - Ilustrasi cukai rokok (JIBI/Solopos/Antara)

Pendapatan daerah Kudus salah satunya diperoleh dari bea cukai rokok.

Semarangpos.com, KUDUS- Realisasi penerimaan cukai di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus, Jawa Tengah, hingga Desember 2015 “hanya” tercapai Rp34,38 triliun atau 97,72 persen dari target penerimaan sebesar Rp35,2 triliun.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Kami sudah berupaya maksimal, namun hingga Desember 2015 hanya terealisasi 97,72 persen,” kata Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Suryana di Kudus, Kamis (7/1/2016).

Sejak awal, dia memprediksi, untuk mencapai target sebesar itu memang berat. Berdasarkan realisasi penerimaan cukai per bulan, paling tinggi pada Desember 2015 mencapai Rp11,12 triliun, sedangkan paling rendah pada Maret 2015 hanya Rp565,68 miliar. Target yang dibebankan KPPBC Tipe Madya Kudus tahun ini, kata dia, lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2014, KPPBC Kudus dibebani target sebesar Rp27,88 triliun, sedangkan 2015 ditingkatkan menjadi Rp35,2 triliun.

“Setiap tahun, target penerimaan cukai memang selalu naik,” ujarnya.

Berdasarkan urutan realisasi penerimaan cukai secara nasional, KPPBC Kudus menempati urutan dua setelah KPPBC Pasuruan dengan realisasi mencapai Rp39,174 triliun.

Adanya perubahan aturan terkait penundaan pembayaran cukai rokok, diduga ikut mempengaruhi tingkat produksi rokok karena sebelumnya pembayaran bisa ditunda hingga dua bulan. Hal demikian, dimungkinkan membuat pengusaha rokok harus memutar otak mencari uang kontan untuk membayarnya.

Dalam rangka memberikan kepastian hukum terhadap pemilik pabrik rokok resmi, KPPBC Kudus juga berupaya meningkatkan penindakan terhadap pelaku pelanggaran pita cukai rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya