SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Pendapatan daerah Pekalongan dari sektor pajak mencapai Rp17,09 miliar.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Realisasi perolehan pajak daerah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, hingga akhir Agustus 2015 mencapai Rp17,09 miliar atau 67,56 persen dari target sebesar Rp24,66 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Pekalongan Eko Purwanto di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa realisasi pajak daerah tersebut diperoleh dari delapan kelompok pajak.

“Oleh karena itu, kami optimistis target pajak sebesar Rp24,66 miliar pada tahun ini akan terlampaui,” katanya.

Sebanyak delapan kelompok pajak tersebut, kata dia, antara lain dari sektor penerangan jalan umum (PJU), hiburan, air tanah, perparkiran, perhotelan, dan restoran.

“Adapun, nominal pajak terbesar diperoleh dari sektor penerangan jalan umum (PJU) sebesar Rp11,29 miliar,” katanya.

Menurut dia, DPPKAD optimistis dengan sisa waktu sekitar tiga bulan ke depan, target pajak daerah 2015 akan tercapai karena tingkat penyampaian pajak dari para wajib pajak (WP) juga makin membaik.

Sementara itu, Kepala Seksi Statistik dan Distribusi Badan Pusat Statistis Kota Pekalongan Arie Wardono mengatakan bahwa tingkat inflasi pada bulan Agustus 2015 turun 0,36 persen dibanding bulan sebelumnya sebesar 0,62 persen.

Penurunan inflasi secara keseluruhan dengan penyumbang terbesar kelompok pendidikan karena memasuki tahun ajaran baru.

Menurut dia, inflasi terjadi karena dari kelompok pendidikan mencapai di angka 2,3 persen yang idealnya hanya 0,5 persen.

“Kelompok lain, seperti bahan makanan, perumahan, sandang, dan rekreasi, mengalami inflasi sekitar 0,03–0,45 persen yang dinilai masih wajar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya