SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembayaran pajak. (Dok/JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pendapatan asli daerah (PAD) Jawa Tengah (Jateng) dari sektor pajak pada semester pertama 2017 telah  melampaui target.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pendapatan asli daerah (PAD) Jawa Tengah (Jateng) dari sektor pajak pada semester I/2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, deviasinya mencapai 8,01% dari target yang dicanangkan sebelumnya.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Kalau dihitung bulan Juni 2017, PAD kita sudah melampau target. Khusus untuk pajak, mengalami deviasi positif yang cukup menggembirakan. Hitungan saya sekitar 8,01%, Kalau dibandingkan 2016 lalu, performa kita cukup baik,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Jateng, Ihwan Sudrajat, pada acara Rapat Evaluasi Kinerja Bulan Juli 2017 di Kantor BPPD Jateng, Semarang, Rabu (9/8/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip laman Internet resmi Pemprov Jateng, Per Juli, komponen pajak kendaraan bermotor (PKB) ditargetkan 51% dan realisasinya saat ini telah mencapai 56,67%. Sementara realisasi per 7 Agustus 2017 mencapai 58,96%.

Target komponen pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) per Juli 2017 adalah 50,67%. Namun, telah berhasil mencapai realisasi 57,12%. Per 7 Agustus 2017, realisasinya juga mengalami pertumbuhan signifikan mencapai 59,54%.

“Per Juli 2017, pajak air permukaan (PAP) ditarget 52% dan realisasinay mencapai 80,96%. Sementara per 7 Agustus 2017, realisasi PAP mencapai 81,48%. Realisasi PAP ini paling menonjol dibanding komponen PAD lainnya,” terang Ihwan.

Ihwan mengatakan capaian positif PAD Jateng tak terlepas dari kinerja Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) kabupaten/kota. Bahkan beberapa UPPD berhasil menempati peringkat teratas, yakni UPPD Kota Magelang, Brebes, Kabupaten Magelang, dan Jepara.

“Sementara UPPD yang terendah adalah Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Temanggung, dan Kota Semarang II,” jelas Ihwan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya