SOLOPOS.COM - Pendakian Gunung Sumbing tetap dibuka selama Ramadan. (Detikcom)

Solopos.com, MAGELANG -- Jalur pendakian menuju Gunung Sumbing via Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, tetap buka pada puasa Ramadan.

Mengutip Detiktravel, Minggu (18/4/2021), penutupan dilakukan pada H-2 sesebelum Lebaran dan buka kembali H+2 Lebaran. Adapun jalur pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, merupakan salah satu jalur favorit di kalangan pendaki. Terlebih saat ini Dusun Butuh yang dikenal dengan sebutan Nepal Van Java.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengelola Basecamp Butuh, Lilik Setiyawan, mengatakan selama puasa Ramadan jalur pendakian menuju Gunung Sumbing via Butuh tetap buka. Penutupan jalur pendakian akan dilakukan pada H-2 Lebaran dan buka kembali pada H+2 Lebaran. "Untuk [puasa] pendakian tetap buka, besok tutupnya H-2 Lebaran dan buka lagi H+2 Lebaran," kata Lilik.

Baca Juga : Nepal Van Java Kaliangkrik Magelang Bikin Menteri Sandiaga Penasaran Nginap

Dasar alasan tetap buka pada puasa Ramadan, hal ini dilakukan untuk tetap melayani bagi pendaki yang nonmuslim. Mengingat pendaki yang nonmuslim juga ada sehingga tetap dilayani.

"Dasar dan alasan kenapa tetap buka, bukannya tidak menghargai yang sedang menjalankan ibadah puasa, tapi kan minat pendaki yang nonmuslim juga pun tetap masih ada. Kami tetap memberikan pelayanan untuk mereka," ujar Lilik yang juga Kepala Dusun Butuh.

Pembukaan jalur tetap berlaku sama sebagaimana yang dilakukan pada puasa tahun-tahun sebelumnya. Kemudian, untuk pendaftaran calon pendaki di Gunung Sumbing masih tetap sama harus melalui online. "Persyaratan tetap sama, booking [pendaftaran] online via Instagram," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya