Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pendaki Pemula Merapat! Ini Lima Gunung Terpendek di Jateng

Berikut daftar lima gunung terpendek di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng.
SHARE
Pendaki Pemula Merapat! Ini Lima Gunung Terpendek di Jateng
SOLOPOS.COM - Gunung Tidar (Instagram/@gunungtidar)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki belasan gunung yang tersebar di berbagai daerah di wilayah tersebut. Dari belasan gunung itu beberapa di antaranya tergolong pendek yang cocok bagi pendaki yang baru belajar atau pemula. Berikut lima gunung terpendek yang ada di Jawa Tengah (Jateng).

Mengutip Wikipedia, ada sekitar 154 gunung yang ada di Pulau Jawa. Dari ratusan gunung itu, rekor terpendek dicatatkan Gunung Munara yang terletak di sebelah barat Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian sekitar 367 meter di atas permukaan laut (mdpl).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Lantas, berapa ketinggiankah gunung terpendek yang ada di Jawa Tengah? Berikut lima gunung yang dianggap terpendek di Jateng:

1. Gunung Tidar

Gunung ini berada di tengah Kota Magelang. Gunung Tidar disebut sebagai gunung terpendek di Jateng dan kedua di Pulau Jawa. Dengan ketinggian sekitar 503 mdpl, Gunung Tidar disebut masuk dalam jajaran lima gunung terpendek di Jateng.

Baca juga: Berada di Tengah Kota, Gunung Tidar Terpendek di Jawa Tengah

Meski cukup rendah atau pendek, Gunung Tidar kerap menjadi destinasi wisata alam masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya. Gunung ini juga kerap digunakan kegiatan Akademi Militer (Akmil) yang bermarkas di Kota Magelang.

2. Gunung Cumbir

Gunung Cumbir memang tak sepopuler gunung-gunung lainnya di Jateng yang menjadi favorit kegiatan pendakian. Kendati demikian, Gunung Cumbir yang terletak di perbatasan Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng) dengan Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) ini layak menjadi lokasi kegiatan pendakian khususnya bagi pemula.

Memiliki ketinggian 639 mdpl, Gunung Cumbir masuk dalam jajaran lima gunung terpendek di Jateng.

3. Gunung Butak

Satu lai gunung di Jawa Tengah (Jateng) yang cocok untuk kegiatan pendakian bagi para pemula. Gunung tersebut adalah Gunung Butak yang ada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng).

Gunung Butak di Rembang ini hanya memiliki ketinggian sekitar 672 mdpl. Dikutip dari laman BKSDA Jateng, Gunung Butak merupakan kawasan konservasi berupa Cagar Alam.

Baca juga: Daftar 5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Paling Buncit Sering Erupsi

Cagar Alam Gunung Butak mempunyai tipe ekosistem hutan mansoon dengan batuan kapur. Di Cagar Alam Gunung Butang masih terdapat satwa yang dilindungi seperti kijang, elang, burung rangkong, burung sesap madu, babi hutan, luwak, dan lain-lain.

Di Gunung Butak juga terdapat telaga yang luasnya mencapai 3,5 hektare yang dimanfaatkan sebagai mata air warga sekitar.

4. Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalisodo terletak di wilayah Kabupaten Pekalongan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 794 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Kendalisodo dulunya dikenal sebagai lokasi wisata religi. Banyak orang yang datang ke puncak Gunung Kendalisodo, yakni Puncak Hanoman untuk melakukan ritual atau semedi.

Baca juga: Lima Gunung Tertinggi di Jawa Timur, Ada yang Tertinggi Se-Pulau Jawa

Namun, belakangan ini Gunung Kendalisodo dibuka sebagai lokasi pendakian. Hal itu pun membuat banyak pendaki, terutama yang baru belajar untuk melakukan pendakian di gunung yang masuk dalam jajaran lima gunung terpendek di Jateng itu.

5. Gunung Wagir Jampang

Gunung Wagir Jampang atau yang kerap disebut Gunung Jampang terletak di tiga kabupaten, yakni Banyumas, Banjarnegara, dan Kebumen. Gunung ini masuk dalam jajaran lima gunung terpendek di Jateng karena hanya memiliki ketinggian sekitar 803 mdpl.

Gunung Jampang merupakan salah satu gunung yang ada di jajaran Pegunungan Serayu Selatan. Gunung ini sangat cocok untuk destinasi pendakian karena tingginya yang tak terlalu ekstrem.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode