SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan tengah melakukan koordinasi di sela proses evakuasi dua pendaki yang tersesat di Gunung Merbabu, Jateng, Selasa (16/5/2017). (Istimewa/Basarnas Jateng)

Pendaki asal Salatiga hilang kontak di Gunung Merbabu telah ditemukan, namun proses evakuasi berlangsung hingga malam hari.

Semarangpos.com, SEMARANG – Proses evakuasi pendaki asal Kampung Ngentak, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga yang sempat dikabarkan hilang kontak karena tersesat di Gunung Merbabu, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung hingga malam hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator Tim SAR Gabungan dari Basarnas Jateng, Amin Yahya, menyebutkan proses evakuasi terhadap salah satu pendaki yang hilang kontak karena tersesat itu berakhir Selasa (16/5/2017) sekitar pukul 20.00 WIB. “Proses evakuasi memang sedikit susah karena medannya curam. Jadi evakuasi berlangsung hingga malam,” ujar Amin saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa malam.

Seperti diberitakan Semarangpos.com sebelumnya, kedua pendaki yang tersesat itu ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi selamat pada Selasa sekitar pukul 09.15 WIB. Dia antara kedua pendaki yang tersesat itu, salah satunya yang bernama Inggil, 17, ditemukan dalam kondisi luka-luka.

Sementara itu, satu korban lagi Angga dalam kondisi lemas dan binggung. “Keduanya kami temukan berdekatan. Si Angga kondisi sehat sehingga proses evakuasinya berlangsung cepat. Tapi, korban satunya, Inggil, dalam kondisi lemas dan tak bisa bergerak karena mengalami luka pada sekujur tubuhnya,” ujar Amin.

Amin menambahkan proses evakuasi Inggil berlangsung cukup menegangkan. Inggil dievakuasi dari Watu Gubuk melewati jalur pendakian Tekelan. Ia dievakuasi dengan menggunakan tandu.

“Saat ditemukan Inggil berada di perengan jurang yang cukup curam. Sehingga harus dibutuhkan kerja ekstra keras untuk mengangkut dia. Alhamdulliah, prosesnya evakuasi saat ini sudah selesai,” beber Amin.

Kedua pendaki yang tersesat itu, sebelumnya melakukan pendakian dengan 10 rekan yang lain. Mereka mendaki Gunung Merbabu sejak Sabtu (13/5/2017) pukul 16.00 WIB.

Rombongan itu tiba di base camp Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, dan bermalam di Pos III Gunung Merbabu. Sesampainya di Pos III, rombongan itu terpisah.

Ke-10 pendaki rekan Angga dan Inggil memilih nelanjutkan perjalanan menuju Pos IV. Sedangkan, Angga dan Inggil memilih bertahan di Pos III.

Seusai pendakian, rombongan yang melanjutkan pendakian kemudian turun di base camp Cuntel. Namun, sesampainya di base camp itu, mereka tak menemukan Angga dan Inggil.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya