SOLOPOS.COM - Petugas berjaga di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Jumat (10/1/2020). (Istimewa-Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR Pendaki Gunung Lawu, khususnya yang melalui jalur pendakian di wilayah Karanganyar kini harus menggunakan sepatu pendakian. Ketentuan ini diberlakukan sejak pertengahan November 2021.

Keharusan ini diterapkan untuk melindungi pendaki Gunung Lawu dari risiko cedera kaki pada saat mereka melakukan perjalanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: 5 Gunung Angker di Jawa Tengah: Lawu-Slamet

Salah satu sukarelawan di jalur pendakian jalur Candi Cetho, Eko Suwardi Memora mengatakan, berdasarkan pengalaman evakuasi pendaki yang mengalami masalah, sebagian mengalami cedera kaki karena mereka hanya menggunakan sandal gunung.

“Sejak pertengahan November ini semua pendaki harus menggunakan sepatu khusus pendakian. Aturan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, tetapi sering diabaikan. Berdasarkan peristiwa-peristiwa pendakian beberapa waktu terakhir, banyak yang kakinya keseleo karena mereka hanya pakai sandal,” ujarnya, Sabtu (27/11/2021) di pos registrasi jalur tersebut.

Baca juga: Gunung Lawu Dulunya di Dasar Laut, Ini Buktinya

Sementara itu, jika pendaki lupa atau tidak tahu aturan ini, mereka dapat menyewa sepatu di basecamp-basecamp di sekitarnya.

Pantauan Solopos.com di jalur tersebut, banyak pendaki Gunung Lawu yang sudah mempersiapkan diri naik gunung menggunakan sepatu. Namun ada juga pendaki gunung yang menggunakan sandal karena tidak tahu penerapan aturan itu. Selanjutnya penaki tersebut menyewa sepatu di basecamp di sekitar pos registrasi.

Baca juga: 4 Misteri Gunung Lawu: Pasar Setan & Kiai Jalak

Terpisah, Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi, mengatakan aturan ini juga berlaku bagi pendaki dari jalur Cemara Kandang.

“Di Cemara Kandang juga sama, pendaki harus memakai sepatu untuk mengurangi risiko cedera pergelangan kaki,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya