SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Meski pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) telah dibuka dua pekan, mayoritas siswa kelas III SMA/sederajat di Solo belum mendaftarkan diri dalam seleksi tersebut.  Mereka masih menantikan hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang diumumkan 28 Mei 2013.

Ditemui Solopos.com di salah satu lembaga bimbingan belajar di Jl Monginsidi, Solo, Sabtu (18/5/2013) sore, dua siswi SMA Negeri 1 Solo, Qori Nur Janah dan Ega Fitria, menuturkan belum mendaftarkan diri sebagai peserta SBMPTN 2013. Sebelum mendaftarkan diri ke jalur masuk lain, keduanya memilih mengikuti bimbingan belajar sambil menantikan pengumuman SNMPTN 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditanya soal peluang di SNMPTN 2013, dua siswa yang masing-masing mengambil Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Pendidikan Dokter Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini menyatakan cukup yakin diterima.

“Mayoritas teman kami juga belum mendaftarkan diri di SBMPTN. Diterima atau tidak diterima, setidaknya hasil SNMPTN bisa dijadikan pengukur kemampuan untuk menentukan langkah selanjutnya. Jika tidak diterima di SNMPTN, kami pun sudah menyiapkan alternatif pilihan jurusan lain,” ujar keduanya.

Hal serupa juga terjadi di SMA Al Islam Solo. Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Al Islam, Ahsanudin, mengatakan saat ini siswa masih menjalani masa libur sekolah setelah ujian nasional (UN) tingkat SMA dan baru masuk saat pengumuman UN 24 Mei mendatang. Meski pihaknya telah melakukan sosialisasi dan try out (uji coba) SBMPTN pada 6 Mei lalu, siswa masih mengandalkan hasil SNMPTN. Mereka cukup optimis karena tahun lalu setiap tahun lalu sekitar 40% siswa berhasil diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN.

“Setelah siswa masuk, kami mulai intensifkan lagi sosialisasi SBMPTN kepada mereka. Tiga tenaga IT dan satu ruang multimedia berkapasitas 40 siswa siap mengakomodasi siswa yang ingin melakukan pendaftaran SBMPTN secara kolektif di sekolah. Yang pasti, siswa kami beri pengarahan yang cukup lebih dulu sebelum mendaftar SBMPTN,” tegasnya ketika dihubungi Solopos.com, Sabtu sore.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Warga, Titik Purwanti, mengungkapkan, ada 35 siswanya yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta SBPMTN 2013 lokal Solo. Pendaftaran ketigapuluh lima siswa yang mayoritas mendaftar di kelompok ujian sosial dan humaniora (Soshum) difasilitasi oleh pihak sekolah. Titik mengaku tidak ada kendala berarti saat mengisikan data secara online di situs resmi pendaftaran SBMPTN.

“Pendaftaran berlangsung lancar. Saat ini mereka telah terdaftar sebagai peserta SBMPTN 2013. Siswa banyak yang menyasar UNS dan Universitas Negeri Yogyakarta [UNY] sebagai tempat kuliah mereka. Siswa lain masih tetap menantikan hasil SNMPTN 2013,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran SBMPTN dibuka hingga 7 Juni 2013. Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN berlangsung pada 18-19 Juni 2013. Pada 20-21 Juni, diselenggarakan tes keterampilan, sedangkan hasil seleksi akan diumumkan 12 Juli. SBMPTN 2013 dibagi menjadi dua kelompk ujian, yakni  kelompok ujian sains dan teknologi (saintek) dan kelompk ujian sosial dan humaniora (soshum).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya