SOLOPOS.COM - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN-Para calon peserta didik bersama orang tua mulai berdatangan ke setiap SMA negeri di Sleman, Selasa (1/7/2014).

Pada hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem Real Time Online (RTO), wajah-wajah bingung tampak diantara para pendaftar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Masih bingung ini gimana alurnya. Soalnya cara daftar yang pakai internet ini kan masih baru,” kata Lina, seorang ibu yang mengantar anaknya mendaftar di SMA Negeri 1 Sleman.

Dia merasa sebelumnya dari pihak SMP asal anaknya tidak pernah memberikan sosialisasi apapun tentang tata cara PPBD dengan sistem RTO.

Setelah membaca papan informasi SMA Negeri 1 Sleman yang mencantumkan segala persyaratan terkait RTO, masih banyak pertanyaan yang menggantung di benak Lina. “Nanti kalau mau mencabut berkas bagaimana? Kalau anak sana jadinya di Seyegan apa kita harus langsung ke sana?” katanya bingung.

“Melihat hasilnya harus jam 2 atau bisa sebelumnya juga saya kurang paham,” ucap Lina melanjutkan.

Meski belum begitu paham, Lina mengaku enggan bertanya ke pos layanan informasi yang ada di sekolah tersebut. Dia memilih membiarkan anaknya sana yang mencari tahu melalui teman-temannya.

Orang tua lainnya pun ada yang melakukan hal serupa. Mereka mempercayakan soal pemantauan posisi nilai pada si anak. “Yang mengecek biar anaknya sendiri. Kalau orangtuanya gaptek begini kan bingung,” ujar Kusri Widiati yang hari itu juga menemani anaknya ke SMA Negeri 1 Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya