SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes berbasis komputer Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS. (Antara-Adeng Bustomi)

Solopos.com, JAKARTA -- Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hari ini, Senin (11/11/2019) resmi dibuka. Laman resmi pendaftaran CPNS sscasn.bkn.go.id pun telah bisa diakses untuk para pendaftar.

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana mengungkapkan pada CPNS 2019 masih ada beberapa tantangan, salah satunya adalah kecilnya minat pendaftar untuk mengabdi di daerah terpencil Republik Indonesia (RI). Hal ini berbeda dengan kondisi di Pulau Jawa, justru para pendaftar ramai-ramai memilih Pulau Jawa sebagai lokasi bekerja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Di Hari Pahlawan, Claudia Emmanuela Santoso Juarai The Voice Jerman

"Sering pelosok itu (tak mendapat pendaftar), itu juga jadi masalah. Mencari dokter, S1-Teknik [mesin, sipil, arsitektur] atau guru fisika, matematika, biologi, kimia tidak semua bisa. Di Jawa tidak masalah, tapi di daerah terpencil sangat terbatas," jelas Bima yang dikutip dari Liputan6.com, Minggu (10/11/2019).

Hal ini ditambah dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat yang justru memilih putra-putri daerahnya sendiri dibanding dengan para pendaftar dari luar.

Baca Juga: Yang Lain Lesu, Penjualan Mobil Honda Diklaim Naik

"Yang lebih jadi masalah lagi adalah pemdanya sering hanya memilih putra daerahnya sendiri karena tekanan pencari kerja di daerah, terutama di Papua dan Papua Barat. Jadi, selalu ada mismatch [ketidakcocokkan]. Jadi antara kebutuhan dan ketersediaan tidak nyambung," tambahnya.

Pendaftaran CPNS yang dibuka pada hari ini akan ditutup pada, Minggu (24/11/2019). Dan bagi Anda yang berminat untuk mendaftar, simak alur pendaftarannya di bawah ini:

Baca Juga: Hasil & Klasemen Liga Spanyol Pekan Ke-13: Barca-Madrid Saling Kejar

  1. Membuka portal SSCANS, https://SSCASN.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dari Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  3. Log In menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan dan sekaligus unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  4. Lengkapi Biodata
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data dan unggah dokumen
  7. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019 dan cek resume Anda
  8. Tahap awal seleksi selesai dengan verifikasi pendaftaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya