Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pendaftar PPK Sragen Capai 1.039 Orang, yang Ikut CAT 674 Peserta

Sebanyak 674 orang peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 mengikuti computer assisted test (CAT) di SMKN 1 Sragen, Selasa-Rabu (6-7/12/2022)
SHARE
Pendaftar PPK Sragen Capai 1.039 Orang,  yang Ikut CAT 674 Peserta
SOLOPOS.COM - Puluhan calon PPK mengikuti CAT di salah satu ruang laboratorium komputer SMKN 1 Sragen, Selasa (6/12/2022). CAT hari pertama itu diikuti sebanyak 408 orang yang terbagi atas tiga sesi. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 674 orang peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 mengikuti computer assisted test (CAT) di SMKN 1 Sragen, Selasa-Rabu (6-7/12/2022). CAT tersebut merupakan tahapan kedua setelah lolos adminsitrasi dan akan diambil 300 orang untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Suwarso, mengatakan jumlah total pendaftar PPK mencapai 1.039 orang. Namun yang lolos seleksi administrasi 674 orang. Sementara kursi yang tersedia hanya 100 orang yang disebar di 20 kecamatan.

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

“Tes hari ini terbagi atas tiga sesi dengan menggunakan lima kelas per sesi. Setiap kelasnya berisi 28-30 orang dengan fasiitas perangkat komputer sebanyak 36 unit. CAT ini kali pertama dilakukan dalam seleksi PPK dan semua sistem berasal dari KPU pusat. Termasuk soalnya juga dari pusat,” ujarnya.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

CAT ini terdiri atas 75 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. Peserta bisa langsung mengetahui nilainya begitu selesai tes dan hasilnya dicetak.

Baca Juga: Nama Toni Hatmoko Disebut Masuk dalam Bursa Cabup Karanganyar, Ini Respons PKB

Suwarso mengungkapkan tidak ada istilah passing grade dalam CAT. Tetapi KPU mengambil 15 orang per kecamatan atau tiga kali dari kebutuhan per kecamatan. Ini sesuai dengan Keputusan KPU No. 476/2022 yang mengatur bahwa maksimal peserta dalam seleksi PPK tiga kali dari kebutuhan.

“Dalam 75 soal itu sudah ada pembobotan, karena berisi kemampuan dasar 30%, wawasan kebangsaan 30%, dan kepemiluan 40%. Hasil CAT ini langsung diumumkan, tetapi untuk plenonya dilakukan 8-10 Desember besok. KPU masih menunggu tanggapan masyarakat, misalnya ada yang berafiliasi ke partai politik, pernah menjadi tim sukses, dan seterusnya. Tanggapan masyarakat itu bisa disampaikan ke KPU,” ujarnya.

Bagi peserta yang lolos CAT akan mengikuti tes wawancara yang diadakan pada 11-13 Desember 2022. Suwarso mengatakan penyelenggaraan CAT seteril dan transparan dengan harapan bisa mendapatkan SDM yang baik.

Baca Juga: Sejumlah ASN Karanganyar Daftar Jadi PPK, Ini Kata BKPSDM

CAT pada hari kedua atau besok akan digelar dua sesi. Pada CAT hari pertama diikuti 408 orang peserta yang berasal dari 12 kecamatan, yakni  Karangmalang, Mondokan, Jenar, Kalijambe, Gesi, Gondang, Kedawung, Gemolong, Miri, Masaran, Ngrampal, dan Plupuh. Penetapan PPK akan dilaksanakan pada 16 Desember mendatang.

Mereka akan bekerja mulai bekerja pada 4 Januari 2023 hingga 14 April 2024. Bila tidak ada seleksi lagi, maka masa kerja mereka kemungkinan dilanjutkan untuk pemilihan kepala daerah (pilkada). Artinya masa tugas mereka bisa diperpanjang sampai Februari 2025.



Kata Kunci : KPU Sragen PPK Sragen
Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode