SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Jumlah calon siswa baru mendaftar jalur lingkungan rukun warga (RW) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jenjang SMP tahun ajaran 2022/2023 di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 2.319 orang. Mereka harus melakukan pendaftaran ulang di sekolah pilihan pada 17 Juni-18 Juni 2022.

Sebagai informasi, mekanisme pendaftaran calon siswa baru di Sukoharjo tak berbeda jauh dibanding saat pelaksanaan PPBD jenjang SMP tahun ajaran 2021/2022. Pelaksanaan PPDB jenjang SMP secara online menggunakan lima jalur yakni lingkungan RW, zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua. Pendaftaran jalur lingkungan RW dilakukan pada 15 Juni-16 Juni 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Warsini, mengatakan jalur lingkungan RW dalam PPDB SMP memprioritaskan calon siswa baru yang domisilinya berdekatan dengan lokasi sekolah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Total jumlah calon siswa baru jalur lingkungan RW sebanyak 2.319 orang. Mereka diberi kesempatan melakukan daftar ulang di sekolah selama dua hari. Jika tak melakukan daftar ulang otomatis dicoret dari daftar calon siswa baru yang diterima di sekolah pilihan,” kata dia, Jumat (17/6/2022).

Warsini menyebut calon siswa baru yang mendaftar jalur lingkungan RW langsung diterima di sekolah yang dituju. Namun demikian, panitia PPDB sekolah bakal memverifikasi berkas dokumen administrasi untuk memastikan domisili calon siswa baru satu lingkungan RW dengan sekolah. Misalnya, kartu keluarga atau identitas lain yang diteliti secara jelas.

Baca juga: PPDB SMA di Sukoharjo, Ortu Calon Siswa Baru Bingung Gara-Gara Ini

Hal ini, ungkap dia, berlaku di seluruh SMPN yang tersebar di 12 kecamatan di Sukoharjo. “Hampir setiap sekolah, masih ada sisa kuota untuk jalur lingkungan RW. Misalnya, daya tampung jalur lingkungan RW di SMPN 1 Sukoharjo sebanyak 160 orang. Sementara total jumlah pendaftar hanya 114 orang. Sisa kuota jalur lingkungan RW digeser ke jalur zonasi,” kata dia.

Verifikasi Piagam Penghargaan

Sementara pendaftaran calon siswa baru jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua dilaksanakan pada 20-22 Juni 2022. Sedangkan pengumunan calon siswa baru yang diterima di sekolah dan daftar ulang pada 24 Juni-25 Juni 2022.

Sebelumnya, panitia PPDB jenjang SMP telah memverifikasi piagam penghargaan pada 6 Juni-8 Juni 2022. Calon siswa baru yang memiliki piagam penghargaan bisa mengajukan konversi nilai ke Disdikbud Sukoharjo. “Rencananya, hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru pada 11 Juli mendatang,” papar dia.

Baca juga: Mau Masuk SMP? Simak Mekanisme Pendaftaran PPDB Sukoharjo

Ditemui terpisah, Kepala SMPN 2 Sukoharjo, Sriyono, mengatakan jumlah calon siswa baru yang mendaftar jalur lingkungan RW sebanyak 68 orang. Sementara daya tampung jalur lingkungan RW sebanyak 144 orang. Saat ini, para calon siswa baru tengah melakukan daftar ulang di sekolah. Mereka diantar orang tua atau wali dengan membawa berkas administrasi di ruang daftar ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya