SOLOPOS.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen, Dwi Budi Prasetya. Foto diambil pada Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, Sragen — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen memperpanjang masa pendaftaran panitia pengawas kecamatan (panwascam) di empat kecamatan. Pasalnya, syarat kuota 30% pendaftar perempuan belum terpenuhi.

Empat kecamatan itu meliputi Gesi, Masaran, Sambirejo, dan Miri. Sedianya pendaftaran panwascam di Kabupaten Sragen ditutup pada Selasa (27/9/2022). Namun dikarenakan jumlah persentase pendaftaran perempuan belum memenuhi batas minimal, maka akan dibuka kembali pendaftaran untuk empat kecamatan. Pendaftaran akan kembali dibuka 2-8 Oktober 2022 nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budi Prasetya, mengatakan total pendaftar Panwascam sebanyak 291 orang. Dari jumlah tersebut 181 di antaranya adalah laki-laki dan 110 perempuan.

“Sedangkan untuk kebutuhan per kecamatan adalah tiga orang. Pendaftar paling banyak berada di Kecamatan Sragen yaitu total 31 orang. Kemudian Karangmalang 24 orang, Tanon  21 orang, dan Masaran 19 orang,” terang Dwi pada Solopos.com saat ditemui di kantornya, Jumat (30/9/2022).

Sementara jumlah pendaftar di Sambirejo ada enam laki-laki dan nol perempuan. Kemudian di Miri enam laki-laki, dan satu perempuan.

Baca Juga: Jaga Netralitas, Bawaslu Sragen Larang ASN Like dan Share Postingan Kampanye

“Padahal batas minimal untuk pendaftar perempuan adalah 30% dari total pendaftar, misalnya dari enam pendaftar, dua diantaranya adalah perempuan. Hal tersebut sesuai dengan juknis [petunjuk teknis],” tambah Dwi.

Syarat tersebut dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada kaum perempuan untuk terlibat dalam proses pengawasan pemilu. Setelah pendaftaran ditutup, peserta yang lolos seleksi administrasi akan menjalani tes tertulis berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). Rencananya test ini berlokasi di SMKN 2 Sragen, namun masih dalam proses konfirmasi.

Kemudian pengumuman tes tertulis dilakukan pada 17 Oktober mendatang. Peserta yang lolos tes tertulis akan mengikuti tes wawancara pada 18-22 Oktober. Pengumuman final dilakukan pada 25 Oktober nanti.

Baca Juga: 291 Orang Minat Jadi Panwascam di Sragen

Anggota Bawaslu Sragen, Edy Suprapto, mengungkapkan  tahapan perekrutan panwascam saat ini dalam proses pemeriksaan berkas untuk yang sudah selesai pendaftarannya.

“Syarat yang dibutuhkan sebagai panwascam adalah mempunyai integritas dan profesional sehingga mampu menjalankan tugas di lapangan nantinya,” terang Edy.

Panwascam terpilih akan diberikan pelatihan agar mereka mampu menyelesaikan tugas pengawasan pemilu dengan baik. Sehingga tercipta kompetisi yang adil dan tidak ada politik uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya