SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lowongan CPNS (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Jumlah pelamar CPNS 2019 di Pemkab Karanganyar terhitung lebih banyak ketimbang 2018 lalu. Sayangnya, formasi untuk difabel justru sepi peminat.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karanganyar, jumlah pelamar CPNS hingga Senin (25/11), adalah 6.500 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Sekitar 6.500-an [yang mendaftar CPNS tahun 2019]," kata Kepala BKPSDM Kabupaten Karanganyar, Siswanto, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (28/11/2019).

Jumlah itu lebih banyak apabila dibandingkan dengan pendaftar 2018 lalu yang hanya 5.378 orang. Sebanyak 6.500 orang akan mengikuti seleksi administrasi sebelum akhirnya mereka mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Pada 2018 lalu dari 5.378 pendaftar hanya 4.432 orang yang dinyatakan lolos seleksi adminitrasi dan mengikuti seleksi tahap berikutnya. Berdasarkan pantauan Solopos.com pada situs web BKPSDM Kabupaten Karanganyar, http://bkpsdm.karanganyarkab.go.id/, Pemkab Karanganyar membuka lowongan 244 formasi untuk mengisi 51 jabatan. Jumlah formasi itu lebih sedikit apabila dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 354 formasi.

Sejumlah jabatan yang dimaksud adalah analis pada sejumlah bidang, verfikator keuangan, penata penyehatan lingkungan permukiman, pengelola pertanahan, pengawas mutu bibit ternak, ahli pertama guru, pelaksana/terampil di bidang kesehatan, ahli pertama bidang kesehatan, pelaksana/terampil operator transmisi sandi dan auditor, ahli pertama administrator database kependudukan dan perancang peraturan perundang-undangan.

Siswanto mengatakan, seluruh formasi CPNS 2019 di Karanganyar ramai peminat. Kecuali untuk formasi difabel.

"Semua formasi ada peminat, ada yang daftar. Kecuali formasi untuk difabel," ungkap dia.

Sayangnya, dia tidak memberikan penjelasan detail. Sampai saat ini pihaknya masih berunding dengan UNS Solo untuk kerja sama penyelenggaraan ujian CPNS 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya