SOLOPOS.COM - Ilustrasi perampokan (JIBI/Solopos/Dok.)

Pencurian toko swalayan ditangani Tim Cobra Polda Jatim dengan membekuk kawanan pencurinya.

Madiunpos.com, SURABAYA — Tim Jatanras Polda Jatim yang dijuluki Tim Cobra membekuk kawanan pencuri spesialis toko swalayan, seperti Indomart, Alfamart, dan sejenisnya. Mereka beroperasi lintas daerah, seperti Malang, Pasuruan, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami menangkap empat orang dari kawanan pelaku curas [pencurian dengan kekerasan] spesialis toko swalayan itu,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol R.P. Argo Yuwono di Mapolda Jatim, Kamis (31/12/2015).

Didampingi Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Hani Hidayat, ia menjelaskan satu dari empat pencuri itu tidak ditahan karena masih di bawah umur, yakni AK, 17, asal Sukorejo, Pasuruan.

Ketiga pelaku curas yang ditahan dan ditembak kakinya adalah AH alias Daog, 21, asal Sukorejo, Pasuruan; KS alias Kosim, 23, asal Pandaan, Pasuruan; dan SK alias Samblek, 25, asal Beji, Pasuruan.

“Modusnya, mereka sering beroperasi dengan dua orang ke toko X dan dua orang lainnya ke toko Y, tapi pasangan mereka selalu berbeda. Dalam aksinya, mereka berpura-pura menjadi konsumen lalu menodong penjaga toko dengan celurit tapi tidak melukai,” katanya.

Kuras Brankas
Target mereka umumnya menguras isi brankas, tapi kadang-kadang juga mencuri rokok. “Karena itu, petugas menyita barang bukti berupa uang tunai senilai Rp151 juta lebih,” katanya.

Selain itu, petugas juga menyita barang bukti berupa tiga sepeda motor, dua buah celurit, empat buah handphone, dan sebuah jaket kulit warna hitam. “Sepeda motor dan handphone itu merupakan barang milik karyawan toko swalayan itu. Aksi mereka terungkap melalui CCTV, lalu pelaku dilaporkan ke polisi,” katanya.

Ia menambahkan para pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan atau ancaman. Sanksinya 9-12 tahun penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya