SOLOPOS.COM - Car Free Day Solo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Pencurian di Solo kali ini mewarnai car free day di Jl. Slamet Riyadi. Seorang pria yang diduga copet diringkus.

Solopos.com, SOLO — Keramaian di area bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD), Minggu (14/6/2015), diwarnai aksi kriminalitas. Seorang warga ditangkap polisi karena diduga memanfaatkan keramaian CFD untuk mencopet ponsel milik pengunjung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi kejadian menyebutkan aksi pencopetan itu terungkap setelah seorang warga mengeluh kehilangan ponsel. Pada saat yang sama seorang petugas yang saat itu sedang berada di CFD mendengar keluhan wanita itu dan mencari pelaku. Dia kemudian melihat gerak-gerik seseorang laki-laki berumur sekitar 40 tahun yang mencurigakan.

Orang yang diduga copet itu ditangkap dan dibawa ke halaman sebuah kantor bank di sekitar lokasi. Pantauan Solopos.com, orang yang diduga copet itu panik saat digeledah petugas. Dia diminta melepaskan jaket warna cokelatnya yang sudah lusuh. Selain itu, petugas juga menggeledah tas milik orang itu.

Dari penggledahan itu, petugas tersebut mengeluarkan ponsel berwarna putih dan dompet dari pencopet itu. Tampak petugas itu menelepon seseorang. Tak berselang lama dua orang polisi datang dan membawa terduga pencopet itu dengan mobil.

Saat hendak dimintai konfirmasi, petugas itu membenarkan orang yang ditangkap itu benar-benar copet. “Ya tadi saya sedang lewat, tiba-tiba ada orang bingung mencari ponsel. Saya lihat ada orang mondar-mandir di kerumunan. Karena curiga, saya langsung amankan [tangkap] ke tempat yang sepi,” kata dia.

Soal identitas pelaku dan korban, petugas itu hanya mengatakan inisial pelaku. “[di KTP] Namanya MJ. Dia orang Kartasura [Sukoharjo]. Untuk korban ini, tadi saya cari-cari tidak ketemu,” jelas dia.

Saat digeledah dan diinterogasi, kata petugas itu, pelaku mengakui perbuatannya telah mencopet sebuah ponsel milik pengunjung. “HP yang diambil Samsung Galaxy. Ini sudah kami amankan ke pelaku dan barang buktinya. Di kantor saja ya,” kata dia. Pelaku akhirnya digelandang ke Markas Polsek Banjarsari, Solo, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Petugas keamanan Kantor Bank BRI di Jl. Slamet Riyadi Solo, Anang Dwi, mengaku sempat curiga dengan petugas menggeledah pelaku di halaman gedung tempat dia bekerja. “Saya dekati, karena orangnya [pelaku] digeledah. Pas saya tanya ternyata anggota polisi, ya sudah saya enggak bisa apa-apa,” kata dia. Dia mengaku tidak tahu menahu aksi copet itu.

Kapolsek Banjarsari, Kompol Saprodin, membenarkan pihaknya telah menangkap pencopet di area CFD Minggu pagi. Namun Kapolsek mengatatakan namanya bukan MJ, tapi Raharjo, 40. “Ya sekarang pelaku masih diperiksa di kantor [Polsek Banjarsari],” jelas dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya