SOLOPOS.COM - Kondisi deretan selter PKL Manahan, Solo, Minggu (26/1/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pedagang Selter Manahan Solo resah dengan maraknya pencurian barang-barang di selter. Pencuri menyasar lampu, peralatan masak, hingga colokan listrik.

Pencurian marak sekitar dua pekan terakhir. Untuk itu, pedagang Selter Manahan Solo berpatroli malam secara mandiri untuk menjaga keamanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang pedagang Selter Manahan Solo, Sri Agus, kepada Solopos.com, Rabu (6/5/2020), mengatakan barang-barang milik pedagang, seperti lampu yang terpasang hingga peralatan memasak seringkali jadi sasaran pencuri.

Asyik, Pemkab Sragen Beri Diskon Retribusi Pasar 25%, Berlaku Mulai 1 Mei 2020

Karenanya, dalam beberapa pekan terakhir dia dan sejumlah pedagang melakukan patroli malam.

"Beberapa waktu terakhir kios saya digunakan untuk nongkrong pengemudi ojek online sampai dini hari. Jadi saat ini cenderung aman tetapi patroli malam masih kami jalankan. Lampu-lampu terpasang itu [yang dicuri] bisa dijual bekas. Jadi ada orang yang mau mengambil," papar Agus.

Kabar Duka: Ayah Nikita Willy Meninggal karena Serangan Jantung

Dia menyebut dalam beberapa waktu terakhir, beberapa pedagang telah memasang kamera pengawas. Namun, sesekali masih ada pencurian di Selter Manahan Solo.

Bagian Belakang Selter

Pencuri umumnya menyasar bagian belakang selter. Di lokasi tersebut ada beberapa perkakas yang bernilai.

Cerita Nama Kempot, Kelompok Pengamen Trotoar, Cikal Bakal Karier Lord Didi

Sementara itu, pedagang Selter Manahan Solo lainnya, Sri Purwanti, menyebut dalam pekan ini lampu selternya hilang dicuri. Menurutnya, saat malam hari aktivitas selter cenderung ramai sehingga dia menduga pencurian terjadi seusai subuh.

Sri menambahkan beberapa colokan listrik miliknya pun pernah raib dalam beberapa pekan terakhir.

Ketua PKL Gotong Royong Selter Manahan Solo, Koko Kuncoro, menyebut baru dalam beberapa pekan terakhir dia menerima laporan kehilangan dari pedagang. Dia menyebut di beberapa bagian selter cenderung aman karena banyak pengemudi ojek online yang mangkal.

46.000-An Keluarga Di Solo Jadi Calon Penerima BLT Covid-19 Senilai Rp600.000/Bulan

"Baru dua pekan ini selter bagian belakang rawan maling," ujar Koko.

Koko menambahkan beberapa kios saat ini juga telah dilengkapi kamera pengawas sebagai respons rawan maling pada akhir tahun lalu.

Meski belum seluruhnya memasang kamera pengawas, namun secara berangsur-angsur para pedagang Selter Manahan Solo mulai sadar untuk memasang kamera pengawas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya