SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian (Hengky Irawan/JIBI/Harian Jogja)

Pencurian Kulonprogo terjadi di sebuah rumah kosong

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, KULONPROGO -Sebuah rumah di Dusun Kepek, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo menjadi sasaran aksi pencuri, Selasa (12/7/2016). Pelaku membawa kabur uang tunai senilai Rp6 juta dan puluhan gram perhiasan emas.

Tindak kriminal tersebut diperkirakan terjadi saat rumah dalam keadaan kosong. Korban bernama Suminta dan istrinya, Yuli Hastuti Wiyaya telah meninggalkan rumah sejak pagi untuk mengajar di sekolah sehingga hanya ada dua anak mereka. Namun, anak pertama korban pergi keluar sekitar pukul 09.00 WIB. Anak kedua pun pergi pada sekitar pukul 11.00 WIB untuk menjemput ibunya.

Ketika Yuli dan anaknya kembali, kondisi rumah sudah berantakan, terutama di kamar utama. Setelah dicek, uang tunai senilai Rp6 juta diketahui raib. Berbagai perhiasan emas juga hilang, seperti kalung seberat tujuh gram, liontin tiga gram, gelang tujuh gram, dan cincin 11 gram.

Begitu pula dengan satu unit laptop milik korban. Total kerugiannya diperkirakan mencapai Rp30,5 juta. “Pintu belakang memang tidak dikunci dan hanya dikasih selot yang bisa dibuka dari luar,” kata Suminta.

Peristiwa itu segera dilaporakan kepada petugas Polsek Pengasih yang kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kapolsek Pengasih, Kompol Kuswanto menyatakan petugas masih melakukan penyelidikan dan mendalami kasus pencurian tersebut.

Meski begitu berdasarkan hasil lah TKP sementara, pelaku diketahui masuk ke kamar utama dengan cara mencongkel pintu. Barang bukti berupa obeng yang diduga menjadi alat pelaku ditemukan tertinggal di rumah korban. “Kita belum bisa memastikan apakah ini aksi kawanan atau pelaku seorang diri,” ujar Kuswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya