SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian (JIBI/Solopos/Dok.)

Pencurian Kulonprogo dilakukan seorang IRT

Harianjogja.com, KULONPROGO — Seorang ibu rumah tangga, warga Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, harus berurusan dengan aparat kepolisian, karena nekat menggasak telepon genggam, milik Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Girimulyo I.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aksi tersangka bernama WK, 38 tersebut berhasil diungkap, setelah polisi menerima laporan salah seorang warga Kecamatan Pengasih, yang diketahui merupakan pembeli telepon genggam curian. Warga tersebut melihat adanya kejanggalan dalam proses transaksi.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kulonprogo, Komisaris Polisi Dedi Suryadharma mengungkapkan pembeli bernama Karti itu membeli telepon genggam android curian tadi seharga Rp400.000. Sebelumnya, tersangka mengatakan kepadanya ia menjual telepon genggam itu dalam kondisi lengkap, beserta kardus, kartu garansi, dengan total harga Rp500.000.

“Namun setelah ditunggu selama beberapa hari, WK tak kunjung menyerahkan kardus dan kartu garansi hingga akhirnya Karti melapor,” ujarnya, Sabtu (19/8/2017).

Ia menambahkan, berdasarkan laporan Karti, maka polisi melakukan penyelidikan, setelah mendapatkan bukti lengkap, WK dijemput oleh aparat di kediamannya. Namun, karena perkara tersebut termasuk dalam perkara ringan, WK hanya kami kenakan wajib lapor pada Senin dan Kamis di Mapolsek Girimulyo untuk proses hukum lebih lanjut. Tidak diterapkannya penahanan pada WK, karena aparat merujuk pada Pasal 362 KUHP serta mendasari Perma No. 2 Tahun 2012 tentang nilai kerugian dibawah Rp 2,5 juta.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Girimulyo, Inspektur Satu Supriyadi menyebutkan, WK melancarkan aksinya saat ia sedang mengantar anaknya berobat di Puskesmas Girimulyo I. Namun, di tempat kejadian perkara, WK melihat telepon genggam milik korban Sukemi, tergeletak di atas sebuah komputer. Melihat situasi sepi, tersangka nekat mencuri telepon genggam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya