SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Pencurian Kulonprogo berhasil terungkap. Pelaku yang telah 11 kali beraksi berhasil ditangkap.

Harianjogja.com, KULONPROGO—Setelah 11 kali melakukan pencurian di rumah para tetangga, pemuda warga Dusun Kedunggalih, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih dibekuk Polsek Pengasih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laki-laki bernama Guntur Adi Thomas, 20, terakhir kali melakukan aksi di rumah teman SD dan berhasil menggasak laptop serta kamera DSLR pada Januari lalu.

Dari informasi yang dihimpun Harianjogja.com, aksi tersebut dilakukan pelaku melalui pintu dapur yang tidak terkunci. Setelah mendapatkan barang, ia menggadaikan laptop ke Pegadaian Wates dan memperoleh uang Rp1 juta.

Guntur mengaku setidaknya sudah melakukan pencurian di rumah-rumah tetangga sekitar 11 kali. Selain mengambil laptop dan kamera, uang tunai juga menjadi sasarannya.

“Uang tunai yang pernah diambil paling banyak Rp2,5 juta,” sebutnya, Kamis (19/2/2015).

Pemuda pengangguran ini mengatakan hasil curian yang diperolehnya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Diperkirakannya, hasil yang didapat dari 11 kali mencuri mencapai belasan juta rupiah.

Kapolsek Pengasih Kompol Wakidjan membenarkan telah melakukan penangkapan pelaku pencurian.

“Terakhir kali dilakukan 26 Januari dan mengambil kamera,” paparnya.

Atas kejahatannya, imbuh Wakidjan, pelaku dijerat Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya