SOLOPOS.COM - Bayu Aji Rusbandriyo, pengsuaha box motor custem dari Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Pencinta kegiatan touring sering membutuhkan boks motor yang mendukung aktivitas saat berkendara di jalanan. Untuk memiliki boks motor tersebut ternyata bisa dengan membeli boks motor custom.

Nah, di Kota Madiun ada pengusaha yang menyediakan peralatan ini. Pengusaha tersebut, Bayu Aji Rusbandriyo, 30, menawarkan boks motor dengan dua tipe, yakni box top dan side box.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan untuk ukuran boks ada yang 15 liter hingga 45 liter. Harga boks motor touring buatannya beragam, tergantung besar kecilnya ukuran box, yakni mulai Rp650.000 hingga Rp2,8 juta.

Baca juga: Gunung Merapi 7 Kali Luncurkan Awan Panas hingga 1.800 Meter ke Barat Daya

“Produk boks motor ini kan memang pasarnya tertentu, biasanya yang beli ya punya hobi touring. Produksi boks motor ini pun sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia,” kata Bayu saat ditemui di rumah produksi boks motor miliknya di Jl. Kapten Tendean, Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kamis (25/3/2021).

Produk boks motor yang diproduksi Bayu dilabeli dengan merek Javatech. Dia mengklaim kualitas bahan dan desain boks motor ini tidak kalah dengan merek pabrikan yang kini beredar di pasaran.

Sementara itu, bahan pembuatan boks motor ada tiga jenis, yakni alumunium, stainless steel, dan galvanis. Menurut Bayu, produk kreasinya memiliki bahan yang kuat tetapi ringan. Untuk pembuatan satu unit box motor membutuhkan waktu sekitar sepekan.

Baca juga: Duh! Mudik 2021 Dilarang, Padahal sudah Ada yang Pesan Hotel di Solo untuk Lebaran

Pengecatan Butuh Dua Hari

“Proses produksi memang cukup lama, karena untuk pengecatan sendiri membutuhkan waktu dua hari. Karena pengeringan menggunakan panas matahari. Itu pun jika tidak hujan, dua hari bisa kering,” ujar dia.

Dia mencatat usaha boks motor touring miliknya mulai ramai pada tahun 2017. Saat itu setiap bulan bisa memproduksi puluhan unit boks motor, baik jenis top box maupun side box.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Harian di Klaten Lampaui Target Gubernur Jateng

Bahkan pernah dalam satu bulan, Bayu berhasil menjual 80 unit boks motor. Menurutnya, itu merupakan pencapaian tertinggi dalam usaha pembuatan boks motor untuk touring tersebut.

“Usaha saya ini puncaknya ya mulai 2017 hingga 2018. Itu jumlah orderan sangat tinggi. Sebulan bisa mencapai 80 unit,” ujar dia yang memulai bisnis pembuatan boks motor ini sejak 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya