Pencinta Micin, Ketahui Nih Efek Samping Mengonsumsi MSG Berlebihan

Ketahui efek samping mengonsumsi MSG berlebihan.
SHARE
Pencinta Micin, Ketahui Nih Efek Samping Mengonsumsi MSG Berlebihan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi MSG. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Monosodium glutamate atau MSG adalah penambah rasa yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, namun bila berlebihan bisa menimbulkan efek samping merugikan. Apa saja? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Mengutip halodoc.com pada Kamis (22/9/2022), sejauh ini, Food and Drug Administration (FDA) telah mengklasifikasikan MSG sebagai bahan makanan yang aman untuk digunakan.  Namun, penggunaannya masih kontroversial. Oleh karena itu, FDA meminta kepada produsen makanan untuk mencantumkannya pada label. Sebenarnya, adakah dampak MSG untuk kesehatan tubuh seseorang?

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Melansir Healthline, MSG berasal dari asam amino glutamat atau asam glutamat, yang merupakan asam amino paling melimpah di alam. Asam glutamat adalah asam amino yang tidak esensial, artinya tubuh dapat memproduksinya. Zat ini melayani berbagai fungsi dalam tubuh dan ditemukan di hampir semua makanan.

Secara kimia, MSG adalah bubuk kristal putih yang menyerupai garam meja atau gula. Ini menggabungkan natrium dan asam glutamat, yang dikenal dengan garam natrium. Asam glutamat dalam MSG dibuat dengan fermentasi pati, tetapi tidak ada perbedaan kimia antara asam glutamat dalam MSG dan dalam makanan alami.

Baca Juga: Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat

Berikut ini adalah efek samping yang diakibatkan oleh mengosumsi MSG berlebihan seperti tertulis dalam siaran pers Kobe dan dikutip dari Antara pada Kamis (22/9/2022):

1. Sakit Kepala

Efek samping pertama yang bisa dialami karena terlalu banyak mengonsumsi MSG adalah sakit kepala. Sebab, konsumsi MSG yang berlebihan dapat memicu pelebaran pembuluh darah. Proses pelebaran pembuluh darah ini dapat berpengaruh pada aktivitas-aktivitas yang tidak normal pada saraf-saraf otak.

2. Kenaikan tekanan darah

Tak hanya itu, kandungan asam glutamat pada MSG juga bisa membuat pembuluh darah menyempit dan melebar. Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah ini dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang signifikan. Alhasil, tekanan darah akan cenderung lebih tinggi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG secara berlebihan.

Baca Juga: Penelitian Buktikan Pria Tidak Selalu Tertarik Wanita Berbokong Besar

3. Berat badan cenderung bertambah

Rasa gurih dan lezat yang kuat karena penambahan MSG dalam suatu makanan cenderung meningkatkan selera makan. Hal ini pun dapat memicu seseorang untuk mengonsumsi makanan lebih dari biasanya. Akibatnya, berat badan pun dapat berpeluang untuk bertambah.

4. Dampak kelebihan MSG pada anak

Anak dapat berpeluang mengalami gejala neurologis akibat konsumsi MSG yang berlebihan. Gejala neurologis ini dapat berupa sakit kepala atau kenaikan tekanan darah. Kondisi inilah yang bisa membuat sebagian anak sulit berkonsentrasi karena rasa sakit kepala yang dialaminya.

Jumlah maksimal MSG yang dapat dikonsumsi oleh setiap orang menurut WHO adalah 6 gram per hari. Sementara itu, menurut Kementerian Kesehatan Indonesia jumlah maksimal MSG yang boleh dikonsumsi adalah sebesar 5 gram per hari.

Jika Anda ingin mencoba beralih pada makanan non MSG, Anda dapat menggantikan penggunaan MSG dengan kaldu nabati atau hewani. Anda dan keluarga tercinta tetap dapat menikmati hidangan yang lezat meski mengolah makanan non MSG.

Baca Juga: Dokter Gizi: Sesuaikan Menu Sarapan dengan Jenis Aktivitas

Satu-satunya cara ampuh untuk mencegah efek samping dari bahaya MSG adalah mengurangi konsumsi micin atau bahkan tidak mengonsumsinya sama sekali. Kalau Anda sedang makan di restoran atau di pinggir jalan, mintalah kepada penjual atau pramusaji untuk mengolah makanan yang Anda pesan tanpa micin.

Pastikan Anda selalu memeriksa label komposisi bahan dan nutrisi yang ada pada kemasan sebelum membelinya. MSG, atau micin sering dicantumkan dengan nama lain seperti monosodium L-glutamate monohydrate, sodium glutamate monohydrate, glutamic acid, MSG monohydrate, atau monosodium salt.

Dengan lebih cermat memilih, Anda tetap bisa menikmati makanan lezat yang sehat bergizi tanpa perlu khawatir akan efek samping konsumsi MSG yang berlebihan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode