SOLOPOS.COM - Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, saat membuka job fair dalam Pekan Raya Kendal, Senin (25/7/2022). (kendalkab.go.id)

Solopos.com, KENDAL — Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), menggelar bursa kerja atau job fair selama dua hari pada event Pekan Raya Kendal (PRK) di halaman Stadion Utama Kebondalem, Senin-Selasa (25-26/7/2022). Total ada ribuan lowongan kerja dari 31 perusahaan yang ditawarkan dalam bursa kerja atau job fair ini.

Dari 31 perusahaan yang mengikuti job fair di PRK itu, 26 perusahaan di antaranya berasal dari Kawasan Industri Kendal. Sedangkan lima perusahaan lain berasal dari luar daerah Kendal atau Semarang.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Kegiatan job fair pada PRK ini pun diyakini mampu menekan angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Selain job fair, Pemerintah Kabupaten Kendal juga kerap membagikan informasi terkait lowongan kerja melalui situs web karier.kendalkab.go.id.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker) Kendal, Cicik Sulastri, mengatakan terdapat 3.783 lowongan pekerjaan yang tersedia pada acara bursa kerja dengan 178 jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Untuk saat ini dari 31 perusahaan ada 3.783 lowongan yang terbuka dengan 178 formasi yang bisa diisi oleh para pencari kerja. Tentunya, ini menjadi peluang besar bagi masyarakat Kendal,” ujar Cicik Sulastri, dikutip dari laman Internet resmi Pemerintah Kabupaten Kendal, Senin.

Baca juga: Investasi Rp27 Triliun akan Mengalir ke Kendal, Sedot 12.030 Pekerja

Sementara kanal online karier.kendalkab.go.id dipergunakan oleh pemerintah pada kegiatan job fair ini. Melalui situs web itu pencari kerja dapat melakukan pendaftaran secara online termasuk memasukan berkas.

“Kanal yang telah kita sediakan, para pencari kerja bisa mendaftar online kemudian pada job fair ini ada perusahaan yang tidak mewajibkan harus membawa kembali berkas. Hal ini lantaran dari kanal online kita sudah ada fitur uplod berkas,” imbuh Cicik Sulastri.

Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, memberikan apresiasi kepada Disperinaker Kendal yang telah bekerja keras dalam upaya menurunkan angka pengangguran. “Job fair kali ini tentunya sangat istimewa karena masuk dalam rangkaian kegiatan PRK. Ke depan, secara bertahap job fair yang telah kita kembangkan mulai masuk pada dunia digital atau via online. Adanya kanal Kendal karier dapat diakes oleh semua masyarakat, sehingga informasi peluang kerja bisa segera diketahui,” jelas Dico.

Baca juga: Pengumuman Lur, Sragen Job Fair 2022 Dimulai Hari Ini!

Sekadar informasi, Disperinaker Kendal akan mengadakan job fair mini setiap bulan. Harapannya, melalui job fair yang rutin digelar setiap bulan itu angka pengangguran terbuka di Kendal yang terbilang tinggi bisa segera ditekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya