SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pencabulan Wonogiri diungkap oleh polisi yang menangkap 1 DPO terkait kasus persetubuhan.

Solopos.com, WONOGIRI – Polisi membekuk seorang tersangka dugaan tindak persetubuhan terhadap siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kecamatan Purwantoro. Triyono, 19, yang sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) ditangkap polisi saat bermain di rumah temannya di wilayah Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Warga Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, ini ditahan di Mapolres Wonogiri menemani saudaranya, Agus Susanto, 23 yang lebih dahulu ditahan.

Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, melalui Kasubbag Humas Polres Wonogiri, AKP Gunawan, d isela-sela ikut patroli keamanan dalam kota Wonogiri, Sabtu (16/1/2016), mengatakan dua tersangka yakni Agus dan Triyono merupakan pelaku tindak dugaan persetubuhan terhadap siswi SLTP berinisial D, 15.

“Tersangka Triyono sempat kabur dan masuk daftar buron namun sehari kemudian bisa ditangkap sekitar pukul 20.20 WIB,” ujar Kasubbag Humas.

Dijelaskan oleh Gunawan, tersangka Triyono dijerat pasal 81 UU No. 35/2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjara 15 tahun dan sanksi denda senilai Rp5 miliar. Menurut mantan Kapolsek Giriwoyo ini, kedua tersangka diduga menyetubuhi korban seusai bersenang-senang di sebuah karaoke salah satu hotel di Purwantoro sembari menegak minuman keras (miras).

“Sangat memprihatinkan, pelaku masih berusia muda namun tega menyetubuhi korban yang notabene masih pelajar. Mau jadi apa generasi bangsa jika diusia muda sudah berbuat cabul,” kata dia.

Pegiat LSM Masyarakat Wonogiri Peduli Perempuan dan Anak (MWPPA) Wonogiri, Siti Muslimah menegaskan, semua elemen masyarakat bersama-sama mengatasi tindak pencabulan di Wonogiri.

“Anak di Wonogiri belum mendapatkan tempat bermain yang layak sehingga Kota Layak Anak seharusnya belum dideklarasikan. Pasalnya, setiap tahun peristiwa pencabulan dengan korban anak-anak terus-menerus terjadi,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya