SOLOPOS.COM - ilustrasi PKL (JIBI/dok)

Penataan pedagang akan dilakukan Pemkab Klaten dengan merelokasi PKL di kawasan Stadion Trikoyo

Solopos.com, KLATEN –Sebanyak 16 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mangkal di kawasan Stadion Trikoyo, Klaten bakal direlokasi ke Jl. Mayor Kusmanto. Relokasi terpaksa dilakukan menyusul adanya renovasi bangunan stadion sejak akhir pekan kemarin.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) Klaten, Yunanto, mengatakan sosialisasi upaya relokasi tersebut sudah dilakukan jauh-jauh hari. Nantinya, PKL yang biasa mangkal di kawasan stadion bakal bergabung dengan 30-an PKL yang sudah terlebih dahulu berjualan di Jl. Mayor Kusmanto.

“Untuk waktu relokasi, yang penting secepatnya. Apalagi, bangunan di stadion sudah dibongkar. Kami berharap, proses relokasi ini dapat berjalan lancar. Yang terpenting, para PKL masih bisa berjualan dan tidak mengganggu arus lalu lintas di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto,” katanya kepada solopos.com, Senin (6/7/2015).

Hal senada dijelaskan Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sumarsono. Pihaknya mengaku sudah siap memantau pemanfaatan Jl. Mayor Kusmanto sebagai tempat berjualan bagi para PKL.
“Kalau kami hanya mem-back up kegiatan itu [rencana relokasi]. Kami berharap, para PKL jangan sampai memakan bahu jalan. Tentu, hal seperti itu tak diperbolehkan. Para PKL juga harus menjaga arus lalu lintas agar berjalan lancar,” katanya.

Salah satu PKL yang biasa mangkal di Stadion Trikoyo, Roni, 35, mengatakan dirinya tak mempermasalahkan rencana relokasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Dirinya menyadari, renovasi yang berlangsung di Stadion Trikoyo Klaten untuk mempercantik lokasi tersebut.

“Kalau saya pribadi tidak masalah dipindah ke Jl. Mayor Kusmanto. Yang terpenting, setelah renovasi selesai dilakukan, kami bisa kembali lagi di sini. Apa pun, kondisi di Jl. Mayor Kusmanto dibandingkan dengan di stadion ini, lebih ramai di sini. Harapan saya sebagai PKL di sini, semoga renovasi stadion segera selesai,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun solopos.com, renovasi Stadion Trikoyo memakan dana kurang lebih Rp5 miliar. Beberapa hal yang bakal direnovasi, seperti sistem drainase lapangan, pintu masuk stadion, dan lain sebagainya. Sumber dana renovasi Stadion Trikoyo berasal dari APBD tahun 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya