SOLOPOS.COM - Ilustrasi kawasan kumuh. (Freepik.com)

Solopos.com, UNGARAN — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan dana Rp17 miliar untuk penataan permukiman warga di Dusun Krajan, Desa Penawangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, yang masuk dalam kategori kawasan kumuh.

Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Riono Suprapto, mengatakan penataan itu mencakup akses jalan penghubung, penyediaan air bersih, sanitasi lingkungan, dan pengelolaan sampah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tahun ini ada empat lokasi di Tanah Air yang menerima dana alokasi khusus terintegrasi penanganan kawasan kumuh termasuk Penawangan [Kabupaten Semarang],” jelas Riono, dilansir dari laman Internet resmi Pemprov Jateng, Kamis (28/4/2022).

Disampaikan, program terintegrasi penanganan permukiman kumuh itu digagas sejak awal oleh Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian PUPR. Tujuannya, untuk menuntaskan penataan pemukiman kumuh menjadi tempat yang sehat dan nyaman.

Dia berharap, pelaksanaan kegiatan penataan kawasan kumuh di Penawangan, Pringapus, Kabupaten Semarang berjalan lancar. Dengan demikian, penataan di kawasan itu bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Kementerian PUPR Bangun SPAM Semarang Barat, Ini Manfaatnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto, mengatakan pembangunan akses jalan masuk ke Desa Penawangan menjadi salah satu prioritas.

“Pembangunan jalan yang ambles akan didukung dana Bankeu [Bantuan Keuangan] Provinsi Jateng senilai Rp7 miliar,” terangnya.

Sementara itu, Kades Penawangan, Sulistiyo, berharap program penanganan permukiman atau kawasan kumuh itu dapat mengubah perilaku hidup warganya menjadi lebih sehat. Wilayah Desa Penawangan yang terletak di ujung utara Kabupaten Semarang, dikelilingi hutan yang dikelola PT Perhutani. Sekitar 500 orang warga yang tinggal di 128 rumah akan terdampak penataan kawasan kumuh yang dilaksanakan di Kabupaten Semarang itu.

Baca juga: Setelah HP 001 Mojo Solo, Gibran: Berikutnya Kawasan Kumuh Tipes Ditata

“Kami berharap kehidupan warga akan lebih sehat dan sejahtera,” ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya