SOLOPOS.COM - Kamar Putra mahkota penerus takhta Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Purboyo, di Sasana Putra Keraton Solo, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Rabu (27/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Di Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Baluwarti, Pasar Kliwon, ada satu bagian bangunan bernama Dalem Sasana Putra yang merupakan kamar tempat tinggal para pangeran atau putra raja sejak kecil sampai dewasa sebelum menikah.

Di bangunan itulah, Raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) XIII memberikan kekucah atau pemberian kepada abdi dalem, sentana, dan kerabat Keraton, Rabu (27/4/2022). Kekucah merupakan tradisi paringan Raja menjelang Lebaran di Keraton Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Solopos.com, total ada 12 kamar untuk para pangeran di Dalem Sasana Putra. Salah satunya dihuni putra mahkota Kanjeng Gusti Pangeran Harya Purboyo atau KGPH Purboyo.

Para pangeran Keraton Solo menempati kamar itu sejak kecil hingga dewasa sebelum menikah. Terdapat ruangan untuk musala di salah satu sudut. Foto PB XIII bersama permaisuri terpasang di salah satu sisi dinding.

Sedangkan foto KGPH Purboyo saat masih kecil terpasang di dinding atas pintu kamarnya. Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Adipati Dipokusumo, juga mengaku pernah menempati Dalem Sasana Putra bersama PB XIII waktu muda.

Baca Juga: Pengageng Keraton Solo: Usut Tuntas Perusakan Tembok Keraton Kartasura!

Paling Bebas Diakses

Ayah Gusti Dipo atau PB XII memiliki 33 putra dan putri. Anak laki-laki menempati Sasana Putra Keraton. Sementara anak perempuan menempati Dalem Keputren. Anak yang sudah menikah harus meninggalkan kompleks Keraton Solo.

Istri KGPH Adipati Dipokusumo, Raden Ayu (RAy ) Febri Hapsari Dipokusumo, menambahkan Sasana Putra yang merupakan kamar para pangeran Keraton Solo juga biasanya digunakan salat tarawih bersama para abdi dalem selama Ramadan.

“Tempat ini paling bebas diakses, putri pakai celana panjang, pakai sandal, standar pakemnya enggak apa-apa. Di sini bangunan luar dari bangunan inti. Berbeda dengan tempat upacara di dalam, di pelataran, atau keputren, untuk pakaian aturannya cukup banyak,” paparnya.

Baca Juga: Ribuan Abdi Dalem Keraton Solo Dapat Kekucah Dari PB XIII, Apa Isinya?

Dia mengatakan PB XIII memiliki empat putri dan dua putra dari tiga istri. Penghuni Sasana Putra saat ini tinggal KGPH Purboyo sebab hanya dia yang belum menikah.

Namun, KGPH Purboyo tidak tampak pada acara Paring Kekucah Dalem, Rabu siang. Purboyo sedang menempuh studi di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya