SOLOPOS.COM - Ilustrasi ukuran Miss V yang normal. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Jika selama ini Mr P bisa memiliki ukuran berbeda-beda, maka kira-kira berapa sih ukuran Miss V perempuan yang normal? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Organ reproduksi wanita ini diketahui bersifat elastis, sehingga mereka dapat mengembang dan patah kembali seperti karet gelang. Namun berapakah angka pasti rata-rata kedalaman Miss V?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melansir Healthline, Senin (23/5/2022), rata-rata saluran Miss V memiliki ukuran panjang tiga sampai enam inci atau kurang lebih 15 cm. Jika Anda membutuhkan bantuan visual, itu kira-kira seukuran telapak tangan.  Tetapi hal ini dapat berubah bentuk dalam situasi tertentu, seperti saat berhubungan seks atau melahirkan.

Saat berhubungan seksual, saluran Miss V bisa lebih panjang untuk mengakomodasi penetrasi. Gairah seksual memaksa leher rahim dan rahim terangkat dan melebar, yang menyebabkan dua pertiga bagian atas Miss V memanjang.

Baca Juga: Makan Timun Bisa Bikin Miss V Becek, Masa Sih?

Sementara itu sebuah studi yang dilakukan William Masters dan Virginia Johnson menyebutkan rata-rata kedalaman Miss V saat tidak terangsang adalah 7 cm hingga 8 cm.  Penelitian yang melibatkan 100 perempuan ini juga menjelaskan bahwa ukuran Miss V yang normal saat terangsang bertambah menjadi 11 cm–12 cm.

Mengutip jeda.id kondisi tersebut terjadi pada perempuan yang pernah melahirkan. Sedangkan yang sudah melahirkan memiliki kedalaman miss v 6,9 cm yang paling kecil dan 14,8 untuk paling panjang.

Baca Juga: Hai Ladies! Ini Cara Merawat Miss V Agar Sehat dan Terawat

Selain dilihat dari kedalamannnya, ukuran Miss V yang normal juga bisa diketahui dari labia minora, labia majora, hingga klitoris. Agar makin paham kesehatan reproduksi wanita, simak ulasannya berikut ini.

Berikut ini ukuran lengkap vagina wanita yang normal ditinjaui dari tiga hal tersebut, sebagaimana dikutip dari jeda.id pada Senin (23/5/2022):

1. Labia Minora

Labia minora atau bibir bagian dalam yang mengelilingi pembukaan vagina dibagi menjadi dua, yakni kanan dan kiri.

Pada bagian kanan labia minora memiliki ukuran rata-rata 1,9 cm dan bagian kiri 2,1 cm. Sedangkan untuk panjangnya bagian kiri 4 cm dan kanan 3,8 cm.

Baca Juga: Awas! 5 Hal Ini Bikin Miss V Tak Sehat hingga Berbau

“Ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara labia minora kiri dan kanan, yang menunjukkan bahwa normal jika Anda memiliki ukurang yang berbeda,” jelas Asisten Profesor Divisi Obat Panggul Wanita dan Bedah Rekontruksi di Ohio State University, Brook McFadden, MD.

2. Labia Majora

Labia majora pada Miss V alias vagina wanita ini rata-rata memiliki ukuran panjang yang normal di 8,1 cm. McFadeen menjelaskan semakin perempuan tua, maka ukuran labia minora dan labia majora menjadi lebih kecil.

3. Klitoris

Bagian yang dianggap sebagai g-spotnya perempuan ini memiliki lebar rata-rata 0,2-2,5 cm.  Sedangkan panjangnya berada pada 0,4-4 cm. Apabila perempuan saat berhubungan intim selalu merasakan orgasme, ukuran klitoris disebut-sebut bisa lebih besar dibandingkan dengan yang jarang orgasme.

“Salah satu temuan yang sangat menarik adalah bertambahnya lebar klitoris berhubungan dengan orgasme selama berhubungan intim,” jelas dia.

Anggapan bahwa ada perbedaan kedalaman vagina antara ibu yang sudah melahirkan dengan yang belum sama sekali salah. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obstetrics and Gynaecology, tidak ada yang membedakan keduanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya