Penampilan Hamsa Lestaluhu di Subaraya Menepis Keraguan

Kontribusi Hamsa di lapangan mengubah pola serangan Persis Solo yang sempat kesulitan membangun serangan.
SHARE
Penampilan Hamsa Lestaluhu di Subaraya Menepis Keraguan
SOLOPOS.COM - Hamsa Lestaluhu (Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO – Pemain anyar Persis Solo, Hamsa Lestaluhu, menunjukkan performa cukup baik saat tampil melawan Persebaya Surabaya dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo pada Minggu (22/5/2022). Hamsa juga berperan penting dalam proses terjadinya gol kedua Persis Solo yang dicetak Samsul Arif.

Kontribusi Hamsa di lapangan mengubah pola serangan Persis Solo yang sempat kesulitan membangun serangan. Performa itu menepis keraguan sebagian pendukung Persis Solo tentang perjalan karier Hamsa yang dianggap sudah kesulitan menemukan performan terbaiknya.

PromosiBPJS Ketenagakerjaan Klaim Bikin Masyarakat Makin Aman, Yakin?

Hamsa adalah mantan gelandang Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menjuarai Piala Nhua Tien Phong U-16, kompetisi persahabatan yang diselenggarakan oleh Vietnam dan diikuti oleh 4 negara yakni Vietnam, Myanmar, Indonesia dan China Taipei pada 2017. Pada turnamen tersebut, Hamsa Lestaluhu bahkan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik. Pemain bernama lengkap Hamsa Medari Lestaluhu itu lahir di Tulehu, Maluku, pada 6 Juni 2002.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Hamsa Lestaluhu lahir dan besar dari sebuah desa legendaris dalam dunia sepak bola, Tulehu yang terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Hamsa menambah daftar marga Lestahulu lain di skuad Persis Solo yang sebelumnya sudah ada Abduh Lestaluhu.

Baca Juga: Jacksen Tiago Beri Banyak Catatan Seusai Persis Solo Menang di Surabaya

Hamsa sudah memulai bermain bola saat masih duduk di bangku kelas 4 SD. Saat itu, dia bermain di O2SN dan lolos ke tingkat nasional di Surabaya.

Menjelang masuk ke jenjang SMP, Hamsa lolos dalam seleksi Frenz United dan terbang ke Malaysia. Dua tahun di sana, pada 2016 Hamsa kembali ke Tanah Air dan bergabung bersama ASAD 314 Jaya Perkasa Purwakarta.

Hamsa lantas tergabung bersama skuat Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini.

Baca Juga: Bek Asal Brasil Dikabarkan Segera ke Persis, Begini Tanggapan Jacksen

Bersama Timnas U-16, Hamsa bermain di sejumlah ajang. Dua di antaranya, Tien Phong Plastic Cup dan Kualifikasi Piala Asia U-16.

Pada ajang itu, Hamsa jadi andalan Fakhri di lini tengah. Hingga pada awal Juli 2017, ia mendapatkan cedera saat Timnas U-16 yang bertolak di Piala AFF U-16.

Cedera itu didapatkan di hari terakhir pemusatan latihan. Hamsa mendapat tekel horor dan berujung pada cedera ACL. Hamsa pun absen pada Timnas U-16 di Piala AFF dan harus menepi cukup lama.

Baca Juga: Jadwal Grup B Piala Asia U-17: Indonesia Vs Malaysia di Laga Pamungkas

Hamsa pun baru pulih saat Piala AFF U-16 kembali di periode berikutnya dengan tuan rumah Indonesia. Namun performa Hamsa urung kembali sehingga dia lebih banyak di bangku cadangan.

Hamsa juga mendapat ldipanggil ke TC Timnas U-19 di Jakarta. Namun, Hamsa kembali gagal dan tidak diboyong ke Kroasia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago