SOLOPOS.COM - Ilustrasi penambangan pasir di lereng Gunung Merapi. (dok-Solopos)

Solopos.com, KLATEN -- Jajaran Bareskrim Polri dikabarkan menggerebek lokasi penambangan galian C di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jumat (5/3/2021) pukul 14.30 WIB.

Kuat dugaan, penggerebekan itu terkait penelusuran perizinan galian C di lereng Gunung Merapi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, jajaran Bareskrim Polri datang ke lokasi penambangan galian C di kawasan perbatasan Tlogowatu, Kemalang (Klaten)-Jemowo, Tamansari (Boyolali).

Baca juga: Makan Korban Jiwa di Karanganyar, Ternyata Begini Cara Kerja Jebakan Tikus Listrik

Di lokasi tersebut, polisi sempat membetangkan police line. Selain di Tlogowatu, jajaran Bareskrim Polri juga "bergerak" ke Bandungan, Jatinom.

"Kemarin ada penggerebekan di lokasi tambang [galian C] di Tlogowatu. Selain itu, ada beberapa titik lainnya. Dugaannya terkait perizinan. Selain Tlogowatu, ada di Bandungan juga," kata sumber Solopos.com yang enggan disebut namanya, Sabtu (6/3/2021).

Kepala Desa (Kades) Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Suprat Widoyo, mengaku tak mengetahui secara detail kedatangan anggota Bareskrim Polri ke wilayahnya.

Baca juga: Sederet Penemuan Harta Karun Fenomenal di Indonesia, Termasuk di Bengawan Solo

Ada Truk Trailer Naik

Meski seperti itu, kabar kedatangan aparat polisi di wilayahnya tersebut untuk menggerebek penambangan galian C sudah menyebar di beberapa warga di Tlogowatu.

"Saya tahunya, Jumat [5/3/2021] malam. Itu pun tahunya dari warga. Di malam itu juga, saya sempat melihat truk trailer naik. Tapi, saya enggak tahu apakah ada kaitannya dengan penelusuran polisi itu. Selama ini, pemdes memang jarang dikasih tahu ketika ada polisi yang melakukan penggerebekan. Di tahun 2020, di lokasi kami ada satu penggerebakan yang dilakukan polisi," jelas dia.

Baca juga: BTS Digandeng Unicef Lagi, Kampanye Setop Kekerasan Terhadap Anak

Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait kabar penggerebekan penambangan galian C yang dilakukan jajaran Bareskrim Polri ke Tlogowatu dan Bandungan.

"Belum ada info. Coba, nanti saya cek terlebih dahulu," kata AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, Jumat malam.

Hingga berita ini diturunkan belum ada pejabat polisi yang memastikan kebenaran informasi mengenai penggerebekan penambangan galian C di lereng Gunung Merapi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya