SOLOPOS.COM - Aparat Polsek Musuk mengecek lokasi tebing longsor di Dukuh Tagunggede, Desa Karanganyar, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Rabu (7/9/2022). Satu orang warga asli Tagunggede meninggal dunia akibat tebing longsor. (Istimewa/Polsek Musuk)

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang penambang pasir meninggal dunia setelah tertimpa longsoran tebing di jurang atau Kali Ploso, Dukuh Tagunggede, Desa Karanganyar, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Selasa (6/9/2022) sore.

Kapolsek Musuk, AKP Sutoyo, mengungkapkan tebing longsor itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. “Nama korban Istono, 43 tahun, pekerjaan di KTP [Kartu Tanda Penduduk] itu sopir, tapi pas kejadian mungkin sedang tidak bekerja nyopir terus menggali pasir. [Korban] asalnya warga situ juga,” terang dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (7/9/2022) sore.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sutoyo mengungkapkan dugaan penyebab kejadian tersebut adalah struktur tanah yang tidak kuat dan tebing yang tegak lurus. Kemudian Istono menggali pasir di bawah tebing tersebut, lalu terjadi runtuhan.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com dari Polres Boyolali, kronologi kejadian tersebut berawal sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu korban Istono menggali pasir secara manual.

Baca Juga: Jembatan Evakuasi Merapi di Boyolali Harus Segera Dibangun, Kenapa?

Selanjutnya, sekitar pukul 17.00 WIB seorang saksi bernama Purwanto, 43, yang berada di lokasi melihat dan mendengar tebing runtuh kemudian menimpa korban. Ia kemudian meminta tolong kepada warga lain, Suroso, 50, untuk menolong korban yang tertimpa tebing ketinggian sekitar 25 meter.

“Istono sepertinya meninggal di tempat karena langsung dibawa pulang, tidak dibawa ke rumah sakit. Kemudian dimakamkan sekitar pukul 21.00 WIB,” kata Sutoyo.

Petugas Polsek Musuk telah ke lokasi untuk memberikan rambu-rambu larangan agar masyarakat tidak beraktivitas di sekitar lokasi. “Hal tersebut untuk menghindari korban warga lain,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya