SOLOPOS.COM - Suasana check in Bandara YIA pada Jumat (24/12/2021). (Harianjogja.com/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Jumlah penumpang yang turun di terminal kedatangan Yogyakarta International Airport (YIA) naik tajam sejak Rabu (27/4/2022). Berdasarkan catatan pihak otoritas bandara, angka kedatangan pada Rabu mencapai 6.000 orang.

Airport Operation Center Head (AOCH) YIA, Budi Wiyono, mengatakan angka kedatangan memang berbanding terbalik dengan angka keberangkatan penumpang di bandara yang terletak di pesisir selatan Kulonprogo ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau untuk keberangkatan masih standar, di angka 3.000 penumpang. Jika dibandingkan dengan jumlah penumpang sebelumnya memang terjadi peningkatan sebanyak 2.000 penumpang untuk kedatangan. Sedangkan, untuk keberangkatan ada peningkatan sebanyak 500 penumpang,” kata Budi, Rabu.

Dikatakan Budi, anomali penumpang memang sudah terjadi di bandara YIA pada Rabu. Jika dibandingkan dengan jumlah penumpang sebelumnya total baik kedatangan maupun keberangkatan di bandara YIA mencapai 4.000- 5.000 penumpang.

Baca Juga: Menguak Sejaran dan Mitos di Plengkung Gading Keraton Jogja

“Untuk kedatangan ini didominasi oleh rute dari Jakarta dan Balikpapan. Kalau untuk keberangkatan masih didominasi ke Jakarta ya. Karena beberapa penerbangan memang transit ke Jakarta ya terlebih kalau flight tersebut tidak direct ke YIA,” ungkap Budi.

Lebih lanjut, jumlah kedatangan maupun keberangkatan penumpang di bandara YIA sendiri bersumber dari extra flight yang diajukan oleh sejumlah maskapai seperti Citilink dan Lion air dengan rute Ujungpandang, Cengkareng, dan Banjarmasin.

“Perkiraan kami puncak arus mudik itu di hari Sabtu [30/4/2022] dan Minggu [1/5/2022]. Karena mulai 29 April kan sudah mulai cuti bersama ya,” terang Budi.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Mulai Membanjir, Jumlah Penumpang Turun di YIA Tembus 6.000 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya