SOLOPOS.COM - Warteg (okumentasi)

Warteg

Warteg (okumentasi)

TEGAL–Penduduk Tegal terkenal di Jakarta sebagai pebisnis yang berdagang makanan dengan warung Tegalnya. Ada dua desa di Kota Tegal dan 3 desa di kabupaten Tegal yang dikenal sebagai desa Warteg karena hampir seluruh kepala keluarganya merantau sebagai pedagang dan buruh Warteg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada musim lebaran seperti ini, diperkirakan sedikitnya ada Rp400 miliar uang yang berhasil dibawa mereka pulang ke kempungnya dari para pewarteg yang hidup di kota dan kabupaten Tegal.

“Ada lima desa di Kota dan Kabupaten Tegal yang penduduknya berprofesi sebagai pewarteg. Dengan jumlah pedagang warteg di 5 desa tersebut lebih kurang sekitar 27.000 orang yang tersebar di berbagai pelosok Jakarta dan kota sekitarnya. Saat lebaran mereka bisa membawa pulang uang antara Rp10 juta hingga Rp50 juta. Jadi setiap musim lebaran sedikitnya ada Rp400 miliar uang yang dibawa pewarteg,” ucap Imamudin, 50, pewarteg dari desa Margadana kota Tegal saat berbincang, Senin (20/8/2012).

Walikota Tegal, Ikmal jaya, yang dihubungi via SMS mengonfirmasi data tersebut. Dia mengatakan, dari dua desa yang ada di Kota Tegal saja. yakni Kelurahan Margadana dan Cabawan, sedikitnya ada Rp100 miliar lebih uang pemudik pedagang warteg yang dibawa pulang ke Tegal.

“Kepastiannya besaran uang pemudik di wilayah kota Tegal yang dibawa pewarteg sekitar Rp 100 miliar,” tutur Ikmal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya