Pemudik ke Karanganyar Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19
Solopos.com|soloraya

Pemudik ke Karanganyar Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Para pemudik yang hendak masuk ke Karanganyar wajib membawa surat bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil uji swab antigen.

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Tuban, Gondangrejo, Karanganyar mewajibkan aturan pemudik yang datang ke Desa Tuban harus membawa surat bebas Covid-19. Surat tersebut bisa dalam bentuk hasil uji swab antigen Covid-19.

Persyaratan tersebut diberlakukan untuk memberikan ketenangan bagi lingkungan sekitar dan antisipasi pemudik membawa Covid-19 dari perantauan.

Kades Tuban, Aris Santoso, mengatakan pihaknya sudah menggencarkan informasi kepada ketua rukun tetangga (RT) di seluruh wilayah desa untuk bertindak aktif.

Baca juga: PKL Takjil di Karanganyar Boleh Jualan Selama Ramadan 2021

Artinya, ketua RT diminta untuk mendatangi warga yang mudik ke kampung halaman untuk mendata. Sehingga, potensi penularan Covid-19 bisa ditekan seminimal mungkin.

“Sudah kami tegaskan untuk aktif mendata dan melihat kondisi pendatang atau pemudik. Jadi kalau ada apa-apa bisa terlaporkan dan segera ditangani. Kami meminta agar lebih aktif,” jelas dia ketika ditemui Solopos.com di ruangannya Rabu (14/4/2021).

Aris mengatakan uji antigen seperti paspor untuk diperbolehkannya pemudik tinggal di Desa Tuban. Pasalnya, dengan diwajibkannya antigen, menurut Aris setidaknya potensi persebaran virus melalui pemudik bisa diantisipasi.

“Setidaknya ada bukti uji antigen itu setidaknya lumayan memberikan jaminan. Tapi sebisa mungkin setelah sampai ya diuji lagi karna kan tidak tahu di perjalanan kontak dengan siapa saja,” terang dia.

Baca juga: Kuliner Botok Bukur – Sega Plontang Khas Sangiran Sragen, Gurih Nyoi!

Selain itu, Desa Tuban juga menyediakan tempat karantina di Balai Desa untuk warga yang membutuhkan tempat isolasi mandiri.

“Kami sudah punya tempat karantina di Balai Desa. Tapi memang belum digunakan. Ini untuk memfasilitasi masyarakat yang butuh,” ucap dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago