SOLOPOS.COM - Peserta mudik gratis berjalan keluar dari Terminal Tirtonadi Solo setelah turun dari bus, Rabu (27/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Para pemudik yang datang ke Kota Solo saat Lebaran 2022 mayoritas menghabiskan uangnya belanja di pusat perbelanjaan dan kulineran. Mereka bisa menghabiskan uang hingga jutaan rupiah untuk keperluan tersebut.

Solopos.com mewawancarai sejumlah pemudik di Kota Bengawan pada H-1 Lebaran, Minggu (1/5/2022) hingga Lebaran hari kedua, Rabu (4/5/2022). Berdasar pengakuan mereka, rata-rata habis sekitar Rp700.000 hingga Rp3,5 juta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Besar kecilnya pengeluaran tergantung dari jumlah anggota keluarga dan destinasi wisata belanja dan kuliner para pemudik itu saat berada di Kota Bengawan. Selain itu, faktor lainnya adalah daerah asal pemudik.

Suryadi, pemudik asal Bekasi yang pulang ke Kota Solo saat Lebaran 2022 misalnya, mengaku sudah menghabiskan lebih dari Rp3,5 juta saat ditemui Solopos.com di Solo Paragon Mall pada H-1 Lebaran. Ia menjelaskan uang itu paling banyak untuk membeli pakaian baru atau makan di pusat kuliner.

“Sudah lama enggak pulang, jadi di sini ingin nyenengin anak sama istri. Paling banyak ya habis beli baju atau makan di tempat pilihan anak-anak. Saya juga datang dari jauh-jauh hari, mumpung liburnya panjang,” ujar Suryadi.

Baca Juga: Pemudik Lebaran Berdatangan, Jogo Tonggo Kelurahan di Solo Masih Santuy

Di sisi lain, nilai Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan yang cukup banyak membuat Suryadi sedikit konsumtif saat mudik. Pengeluaran yang membengkak ini ia maklumi karena sudah dua tahun tidak pulang karena pandemi.

“Ya sebenernya penginnya enggak sebanyak itu. Tapi momen pas juga Lebaran, anak-anak senang, dan hitung-hitung juga ini buat keluarga,” ucapnya.

Konsumsi

Sementara itu, pemudik asal Banyumas ini ditemui Solopos.com di Solo Square pada hari H Lebaran, Muhammad Iqbal, mengaku sudah menghabiskan Rp2,5 juta untuk konsumsi dan belanja di Kota Benagwan. Angka ini belum termasuk pengeluarannya untuk perjalanan.

Baca Juga: Bayar Seikhlasnya, Foto Sepuasnya Dengan Burung Kakaktua di TSTJ Solo

“Kalau habisnya mungkin Rp2 juta sampai Rp2,5 juta, itu buat belanja sama membelikan baju untuk saudara atau sekadar ngasih sesuatu buat keluarga di sini. Ya setahun sekali juga, jadi enggak apa-apa lah,” ucapnya.

Iqbal menyebut hingga saat itu bujetnya yang tersisa untuk Lebaran masih sekitar Rp4,5 juta. Namun ia membutuhkan sekitar Rp1,5 juta untuk biaya perjalanan. “Jadi sudah agak direm. Apalagi saya rencana pulang H+4, soalnya istri juga jualan. Jadi enggak bisa lama-lama,” ujar Iqbal.

Nurul, warga Boyolali, yang mudik saat hari H Lebaran menghabiskan Rp750.000 untuk berbelanja di Solo. Ia mengatakan uang itu untuk belanja barang seperti pakaian dan celana hingga sepatu untuk keperluan sehari-hari. Banyaknya diskon membuatnya berbelanja cukup banyak di saat Lebaran.

Baca Juga: Malam Takbiran, Kawasan Tugu Jam Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung

“Lebaran banyak diskon juga, dan sudah dialokasikan buat belanja pribadi. Saya juga ngasih paling ke orang tua sama keponakan, jadi sisanya buat belanja. Ini duit THR tahun ini, lumayan jadinya,” kata Nurul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya