SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melihat penyuntikan vaksin Covid-19 kepada guru dan karyawan sekolah, Senin (29/3/2021). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng meminta izin ke Menteri Kesehatan (Menkes) untuk memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada para tenaga pendidik atau guru.

Usulan itu disampaikan Ganjar kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat rapat penanganan Covid-19 secara daring di kantornya, Senin (5/4/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi tadi kita rapat dengan pak Menteri di mana setiap daerah menyiapkan segala prioritas. Saya usul tadi kalau prioritas sekarang masih pada level lansia. Tapi paralel dengan mulai pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah, maka guru juga menjadi prioritas vaksinasi,” terang Ganjar di kantornya.

Baca juga: Uji Coba PTM di Grobogan, Ada Guru Abai Penggunaan Masker

Ganjar menilai guru di Jateng juga patut diprioritaskan mendapat vaksinasi Covid-19. Hal itu sebagai persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada bulan Juli nanti.

“Saya tadi minta izin, lansia jadi prioritas pertama ini ketika jumlah vaksin belum banyak. Maka kita minta izin agar beberapa dialokasikan ke guru. Jadi ini yang ada untuk disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Sambil terus bergerak nanti sampai Juli agar seluruh guru bisa divaksin,” imbuhnya.

Ganjar menambahkan jika nanti guru di Jateng telah mendapat vaksinasi, maka tidak menutup kemungkinan jumlah kelas di sekolah yang melaksanakan PTM akan ditambah.

Baca juga: Kalangan DPRD Jateng Minta PTM Sekolah Ditunda, Ini Dasarnya…

“Maka strateginya menambah uji coba dengan dua cara. Satu, menambah jumlah kelas di satu sekolah. Kalau seperti itu kemungkinan tidak menambah jumlah vaksin untuk guru. Tapi, seandainya kita tambah jumlah sekolah, maka jumlah guru di Jateng yang dapat vaksinasi harus ditambah,” tuturnya.

Dalam rapat, Menkes Budi Gunadi Sadikin pun langsung menyetujui usulan Ganjar tersebut. Bahkan, Budi memberi apresiasi terhadap usulan vaksinasi untuk guru di Jateng karena menjelang pelaksanaan PTM.

“Memang kita harus mendukung PTM. Kalau awalnya kita prioritaskan ke lansia, maka sekarang ditambah guru. Saya setuju dengan usulan pak Gubernur tadi,” ujar Budi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya