SOLOPOS.COM - Petugas melakukan isi ulang oksigen gratis di halaman Kantor Bakorwil I Madiun, Selasa (10/8/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan layanan isi ulang oksigen gratis di halaman Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) I, Jl. Pahlawan, Kota Madiun. Pengisian oksigen gratis ini dimulai sejak Selasa (10/8/2021), terbuka untuk masyarakat umum yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Kasubbid Kemasyarakatan I Bakorwil I Madiun, Wardoyo, mengatakan masyarakat di Madiun Raya bisa mengisi ulang oksigen secara cuma-cuma di tempat ini. Caranya warga yang hendak mengisi oksigen mendaftar terlebih dahulu di website resmi infocovid19.jatimprov.go.id.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah mendaftar secara online itu, warga akan mendapatkan nomor pengisian. Selanjutnya, warga yang membutuhkan itu bisa langsung datang ke Bakorwil I Madiun untuk mendapatkan pengisian oksigen gratis.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal di Madiun Diizinkan Buka

“Untuk pendaftarannya online. Kemudian nanti didata dan datang ke sini dengan membawa KTP pasien yang bersangkutan,” kata dia.

Pantauan Madiunpos.com kemarin siang, puluhan warga memanfaatkan layanan pengisian oksigen gratis tersebut. Petugas kemudian mempersilakan warga itu untuk menunggu hingga tabung oksigen tersebut diisi.

Warga yang ingin mendapatkan pengisian oksigen gratis harus menunjukkan bukti terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri. Pengisian oksigen gratis itu untuk tabung berukuran 1 hingga 2 meter kubik. Setiap hari, pemerintah menyediakan kuota sebanyak 500 tabung.

Seorang warga Madiun, Rini, mengaku sangat terbantu dengan layanan pengisian oksigen gratis ini. Dia mengaku saat ini sangat kesulitan untuk mendapatkan oksigen medis. Saat menemukan, harganya pun sangat mahal.

Baca Juga: 14 Orang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara dengan Petasan

“Oksigen ini untuk orang tua yang sedang sakit. Kemarin sempat positif Covid-19 dan sudah isolasi. Tapi ini kondisinya masih sesak, sehingga membutuhkan oksigen,” ujar dia.

Rini menuturkan harga oksigen per tabung ukuran satu meter kubik paling murah Rp50.000. Untuk satu tabung oksigen tersebut biasanya hanya bertahan untuk tiga hingga empat jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya