Pemprov Jateng Percepat Vaksinasi Covid-19, Pekan Ini Tersedia 770.000 Dosis Vaksin

Untuk pekan ini Pemprov Jateng sudah menerima 270.000 dosis vaksin jenis Astrazeneca dan 500.000 dosis vaksin jenis Sinovac.
Pemprov Jateng Percepat Vaksinasi Covid-19, Pekan Ini Tersedia 770.000 Dosis Vaksin
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng akan lebih mempercepat proses vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Meskipun begitu, terdapat kendala alokasi vaksin yang diterima oleh Pemprov Jateng masih belum sesuai yang diharapkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, kepada wartawan seusai menyapa kades dan camat se-Kabupaten Karanganyar secara daring di Rumah Dinas Bupati Karanganyar Selasa (27/7/2021).

Ganjar mengatakan untuk proses percepatan vaksin dirinya sudah berkoordinasi dengan Menkes terkait alokasi vaksin yang dibutuhkan Jateng. Dia menuturkan, untuk pekan ini Pemprov Jateng sudah menerima 270.000 dosis vaksin jenis Astrazeneca dan 500.000 dosis vaksin jenis Sinovac.

Baca juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Akui Sulit Terapkan Pembatasan 20 Menit Makan di Tempat

“Vaksin yang kami dapatkan nanti akan langsung dibagikan atau didistribusikan ke wilayah-wilayah. Kami akan mendapatkan tambahan alokasi untuk proses percepatan vaksin nanti. Bahkan untuk hal percepatan ini, Presiden langsung menghubungi saya juga. Langkah upaya penambahan alokasi ini menjadi cara kami mempercepat vaksinasi,” beber dia.

Meskipun begitu, Ganjar mengatakan program percepatan vaksin yang dilakukan tidak sebanding dengan alokasi vaksin yang diterima.

TNI/Polri Siap BKO

Dia mengatakan, Pemprov Jateng khususnya meminta alokasi vaksin sebanyak 2,4 juta dosis kepada pemerintah pusat untuk kebutuhan sepekan. Namun, berdasarkan alokasi pada pekan ini, jumlah vaksin yang diterima Pemprov Jateng baru 770.000 dosis.

“Infrastruktur itu sudah siap semua. Tenaga sudah siap. TNI-Polri juga siap BKO. Seperti di Karanganyar ini, semuanya sudah siap hanya tinggal menunggu pasokan vaksinnya. Saya sih permintaannya 2,4 juta vaksin sepekan, tapi belum diberi,” imbuh dia.

Baca juga: Regrouping Sekolah Terganjal PPKM, Disdikbud Urung Cek 70 SD di Karanganyar

Ganjar mengatakan saat ini animo masyarakat sangat tinggi untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Pertanyaan tersebut salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan saat dia menyapa para kades dan camat se-Karanganyar.

Ganjar juga menyampaikan tetap menargetkan untuk bisa memvaksin 80 persen dari populasi masyarakat untuk mencapai kekebalan bersama.

“Saat kami cek tadi greget semangat masyarakat untuk vaksin itu tinggi sekali. Kades-kades tadi juga banyak pertanyaan. Tapi karena vaksinnya tidak ada [terbatas] apa boleh buat,” kata dia.

Baca juga: Penyekatan di Karanganyar Berakhir, Akses Seluruh Jalan Sudah Dibuka

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago