SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lowongan CPNS (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng telah mengajukan kuota 525 orang untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2022.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Wisnu Zahroh, mengatakan jumlah kuota untuk penerimaan CPNS formasi tahun 2022 itu sudah diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah kita ajukan. Tapi, kan biasanya jumlah yang diajukan bisa lebih sedikit dari yang disetujui,” ujar Wisnu kepada Solopos.com, Senin (26/4/2021).

Baca juga: BPBD Kabupaten Magelang Buka Pintu Permohonan Masker

Kendati demikian, Wisnu mengaku belum tahu pasti kapan penerimaan CPNS formasi 2022 untuk lingkungan Pemprov Jateng bakal dibuka. Ia masih menunggu keputusan resmi dari Kemenpan RB terkait penerimaan CPNS formasi 2022.

“Harapan kami bulan Mei ini sudah dibuka pendaftarannya. Kalau lebih dari itu, tentu waktunya bakal mepet. Kita pasti akan kewalahan,” ungkap Wisnu.

Wisnu mengaku jumlah kuota CPNS yang diajukan Pemprob Jateng itu terbilang sedikit jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya aturan dari pemerintah bahwa penerimaan CPNS tahun ini hanya dibatasi untuk formasi tenaga teknis.

Baca juga: PKB Desak Gubernur Jateng Urai Polemik Bendungan Bener

P3K

Sementara untuk guru dan tenaga kesehatan akan diarahkan ke penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K bukan CPNS.

“Kalau yang sudah pasti P3K itu untuk penerimaan guru. Sedangkan, tenaga kesehatan masih belum pasti, tapi kemungkinan besar juga diarahkan ke P3K,” jelas Wisnu.

Wisnu menambahkan untuk lowongan P3K guru di Jateng kemungkinan kuotanya mencapai 13.482 orang. Sedangkan untuk tenaga kesehatan mencapai 530 orang.

Baca juga: Lowongan Tenaga Teknis Dominan Pada Seleksi CPNS 2021, Ini Dia Formasinya

Rekrutmen P3K tenaga guru dan kesehatan kemungkinan akan dilakukan langsung pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Jadi karena penyelenggaranya langsung dari kementerian, nanti waktu penerimaannya [P3K] berbeda dengan yang CPNS. Untuk CPNS penyelenggaranya pemerintah daerah,” jelas Wisnu.

Wisnu mengatakan untuk rekrutmen tenaga P3K formasi guru dan tenaga kesehatan tahun ini kemungkinan juga tidak digelar secara terbuka.

Rekrutmen kemungkinan diperuntukkan bagi tenaga-tenaga honorer seperti guru tidak tetap (GTT) atau tenaga kesehatan yang saat ini bekerja di badan layanan kesehatan daerah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya