[x] close
Pemkot Solo Pertimbangkan Tutup Area Pasar Cinderamata Bagi Pedagang Dari Zona Merah Covid-19
Solopos.com|soloraya

Pemkot Solo Pertimbangkan Tutup Area Pasar Cinderamata Bagi Pedagang Dari Zona Merah Covid-19

Pemkot Solo mempertimbangkan menutup area Pasar Cinderamata khusus untuk pedagang dari zona merah risiko Covid-19 seperti wilayah pantura.

Solopos.com, SOLO -- Pemkot melalui Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo mempertimbangkan penutupan sementara Pasar Cinderamata bagi pedagang dari wilayah zona merah untuk menekan risiko persebaran Covid-19.

Hal itu sebagai tindak lanjut temuan lima pedagang bermobil di area Pasar Cinderamata yang positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab antigen acak oleh aparat Polsek Pasar Kliwon, Kamis (10/6/2021) pagi.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengaku sudah menerima laporan adanya lima pedagang yang positif Covid-19 tersebut. “Coba nanti kami rapatkan. Kebetulan satu mobil itu, positif semua asal Jepara, zona merah. Makanya nanti kami akan lakukan pembatasan pedagang dari daerah merah,” katanya dihubungi Solopos.com, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: 5 Pedagang Bermobil di Kawasan Pasar Cinderamata Solo Positif Covid-19

Ahyani menyebut zona merah itu ada Jepara, Kudus, Pekalongan, Tegal dan sederet wilayah lingkup Jawa Tengah. Satgas Covid-19 akan membatasi dulu terutama untuk pedagang dari wilayah itu yang hendak berjualan di Pasar Cinderamata Solo.

"Kami coba tutup area tersebut [Pasar Cinderamata dan sekitarnya] untuk pedagang asal zona merah," ujarnya.

Ahyani mengaku belum bisa memastikan kapan penutupan itu dilakukan. Namun evaluasi berlangsung dalam waktu dekat ini. Sementara ini pedagang di lokasi itu sudah mendapatkan peringatan setelah uji swab antigen acak, Kamis pagi. “Di situ kan sekarang sudah dikendalikan. Sementara begini dulu,” imbuhnya.

Baca Juga: Puan Maharani Bakal Ketemu Gibran di Solo, Ganjar Pranowo Diundang Tidak?

Solo Daerah Tujuan

Ahyani tak ingin Solo kembali berstatus zona merah karena ledakan kasus yang berasal dari luar kota. Karena itu pula penutupan area Pasar Cinderamata Solo bagi pedagang dari zona merah risiko Covid-19 dipandang perlu.

“Ternyata dari daerah Pantura ke sini semua. Kondisi seperti ini kan karena Solo daerah tujuan, makanya harus dikendalikan,” tandasnya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bakal melebarkan uji swab antigen di Pasar Cinderamata dan Pasar Klewer, terutama untuk pedagang yang berasal dari luar kota.

Baca Juga: Luas Wilayah Solo Bertambah 2,68 Km Persegi, Ini Penjelasan Pemkot

“Pengawasan diperketat atau penutupan sementara belum kami putuskan. Nanti dilihat dulu. Swab diperluas di lingkungan Pasar Klewer,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, lima pedagang sandang bermobil asal Jepara terkonfirmasi positif Covid-19 dalam swab test antigen acak yang digelar di kawasan Pasar Cinderamata, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (10/6/2021) pagi.

Lima pedagang bermobil positif Covid-19 itu langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali untuk menjalani karantina.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago