SOLOPOS.COM - Petugas medis mempersiapkan vaksin Covid-19 booster Pfizer untuk warga saat pelaksanaan Vaksinasi Booster Mudik di Masjid Sabilillah, Malang, Jawa Timur, Jumat (22/4/2022). (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, SOLO— Sebanyak 37.478 warga lanjut usia (lansia) menjadi sasaran pelayanan vaksinasi booster atau penguat kedua di Kota Solo.

Upaya mendorong vaksinasi lansia dilakukan Pemkot Solo dengan sosialisasi yang dilakukan puskesmas serta media sosial.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Demikian yang disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Tenny Setyoharini dihubungi Solopos com, Senin (28/11/2022) siang. Dia menjelaskan vaksinasi penguat kedua bagi lansia sudah ada di Kota Solo sejak pekan lalu.

“Sebanyak 37.478 [warga lansia] yang sudah dosis 3 atau booster 1 sampai saat ini. Warga tersebut bisa  menjadi sasaran dosis 4 atau booster 2. Tapi harus enam bulan dari dosis 3 nya/ booster 1,” kata dia.

Dia mengklaim antusias warga lansia mengikuti program vaksinasi penguat dosis kedua cukup baik. Warga memilih layanan di Puskesmas karena dekat dari rumah atau tempat tinggal.

Baca Juga: Vaksinasi Booster 2 bagi Lansia Solo Dimulai, Ini Jadwal Vaksinasi Pekan Ini

Menurut dia, upaya yang dilakukan Pemkot Solo untuk mendorong warga lansia mengikuti program vaksinasi penguat kedua dengan sosialisasi melalui semua Puskesmas, sosialisasi media sosial seperti Instagram, dan laman DKK Solo.

“Layanan vaksinasi juga hadir, buka layanan di penerimaan BLT [bantuan langsung tunai] yang dijadwalkan oleh Dinas Sosial,” paparnya.

Kepala UPT Puskesmas Purwodiningratan Farahdila Mirshanti mengatakan sosialisasi dilakukan secara langsung oleh petugas Puskesmas Purwodiningratan pada saat pertemuan-pertemuan dengan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, sosialisasi dilakukan melalui berbagai media sosial yang dimiliki Puskesmas Purwodiningratan, antara lain, Instagram dan WhatsApp Group.

“Antusiasme warga cukup. Kira-kira sekitar 30 sampai 110 orang datang untuk mengakses vaksin Covid-19 per hari,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Kombinasi Vaksin untuk Vaksinasi Booster II Orang Lansia

Farah, sapaannya, menjelaskan Surat Edaran (SE) Kemenkes mengenai vaksin Covid-19 bagi lansia, dikeluarkan, Selasa (22/11/2022). SE tersebut langsung ditindaklanjuti Kota Solo.

“Kami berharap  lebih banyak lagi warga lansia dan sasaran vaksin lain yang sadar akan pentingnya vaksinasi Covid-19. Warga diharapkan  datang untuk mengakses layanan vaksin Covid-19 di Puskesmas maupun fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) Kota Solo mulai melayani vaksinasi booster atau penguat kedua bagi kelompok orang lansia. Pelayanan dilakukan di Puskesmas, rumah warga, hingga toserba. 

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Senin (28/11/2022) pagi, sejumlah puskesmas melalui akun Instagram memberikan sosialisasi layanan vaksinasi. 

Seperti yang dilakukan Puskesmas Banyuanyar melalui @puskesmasbanyuanyar_ska mengunggah konten stories mengenai layanan vaksin dosis satu, dosis dua, vaksinasi penguat atau dosis tiga, dan dosis empat atau penguat kedua.

Baca Juga: Ciptakan IndoVac, Erick Thohir: Bukti Indonesia Mampu Mandiri

Vaksinasi penguat kedua menyasar tenaga kesehatan (nakes) serta warga berusia lebih dari 60 tahun. Syarat layanan vaksinasi penguat kedua, adalah suntikan dosis penguat pertama harus sudah berjarak enam bulan dan sudah terbit tiket vaksin keempat pada Aplikasi PeduliLidungi.

Layanan vaksinasi 28 November sampai 1 Desember pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. Jumat dan Sabtu 2 Desember hingga 3 Desember 2022 pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Puskesmas Kratonan juga menyampaikan informasi mengenai layanan vaksinasi Covid-19, termasuk vaksinasi penguat kedua. Syaratnya sudah memiliki e-tiket booster kedua, sudah enam bulan jarak vaksinasi booster pertama, dalam keadaan sehat, dan membawa KTP.

Pelayanan Puskesmas Kratonan Senin-Selasa (28-29/11/2022). Pelayanan dilakukan pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. 

Puskesmas Penumpang juga memberikan layanan vaksinasi Covid-19 penguat kedua di Rumah Ibu Diana Senin (28/11/2022) pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Petugas berhak menolak apabila kuota sudah penuh atau tidak memenuhi syarat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Suntik Vaksin Booster Kedua Gunakan Vaksin Indovac



Puskesmas Purwodiningratan memberikan layanan selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (28-30/11/2022) pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Sementara itu, Puskesmas Sangkrah memberikan layanan di dua tempat, masing-masing puskesmas pembantu dan toserba. Layanan di Puskesmas Pembantu I Semanggi Senin (28/11/2022) pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Pelayanan di Luwes Loji Wetan lantai I, Senin-Rabu (28-30/11/2022) pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya