SOLOPOS.COM - Kondisi lahan yang dibeli PT Lulu Group Retail untuk membangun Lulu Hypermarket di Jl Kolonel Sutarto, Jebres, Solo, Senin (29/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOPeritel terbesar Asia dan Timur Tengah, PT Lulu Group Retail, telah membeli lahan di Jl Kolonel Sutarto, Jebres, Solo, untuk membangun Lulu Hypermarket. Lahan yang dibeli Lulu Group bukan lahan Pemkot melainkan milik swasta.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Solo Gesang Prihanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (29/8/2022), menjelaskan tanah yang dibeli PT Lulu Group Retail itu berlokasi di timur gedung PMI Kota Solo atau tenggara RSUD dr Moewardi (RSDM).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Timur PMI, nggih ada tanah kosong. [Lahan milik] swasta PT Nagaria itu milik Iwan [bos] Sritex [PT Sri Rejeki Isman],” jelasnya. Gesang mengatakan pembangunan hypermarket dari Lulu Group itu segera dimulai.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking hypermarket dari salah satu peritel terbesar Asia dan Timur Tengah itu dijadwalkan November. “Setelah grounbreaking Islamic Center kemudian PT Lulu,” jelas Gesang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com terdapat lahan kosong di Jl Kolonel Sutarto. Luasnya lebih besar daripada lapangan sepak bola biasa. Sebagian kecil lahan saat ini dipakai untuk parkir kendaraan.

Baca Juga: Peritel Terbesar Asia Bangun Hypermarket di Jebres Solo, Groundbreaking November

Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kerja Sama Bagian Tata Pemerintahan Setda Solo, Farichah Nurhajati, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin, mengatakan PT Lulu Group Retail tidak melirik lahan Pemkot Solo namun lahan milik pribadi.

Kriteria Luas Lahan

“Tadinya kan kemungkinan memakai lahan Pemkot. Tapi ternyata yang dilirik yang memenuhi standarnya mereka. Milik lahan pribadi,” paparnya.

Nunung, sapaannya, mengaku tidak mengetahui pasti alasan salah satu peritel terbesar Asia dan Timur Tegah memilih lahan pribadi. Namun salah satu kriterianya adalah luas lahan minimal untuk ekspansi bisnis.

Baca Juga: Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

“Kami fasilitasi saja info-info terkait dengan mana-mana yang bisa dipakai PT Lulu untuk usaha di Kota Solo,” ungkapnya. Dia mengatakan terkait lahan pribadi, PT Lulu Group Retail langsung melakukan pembicaraan dengan pemilik lahan tersebut.

 Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pemilihan Jebres sebagai lokasi mendirikan hypermarket adalah keputusan PT Lulu Group sendiri. Gibran tidak mempermasalahkan karena Jebres berada dekat Solo utara.

Selain itu, pemilihan lokasi ekspansi usaha salah satu peritel terbesar Asia itu juga sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solo. “Sesuai pas kampanye kemarin dan RPJMD. Solo  utara mau kami genjot,” kata Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya