[ X ] CLOSE

Pemkot Solo Keluarkan Rp1,3 Miliar Untuk Revitalisasi Alut Keraton

Pemkot Solo bakal melakukan revitalisasi lahan Alut Keraton yang sebelumnya disewa untuk pasar darurat pedagang Pasar Klewer.
Pemkot Solo Keluarkan Rp1,3 Miliar Untuk Revitalisasi Alut Keraton

Solopos.com, SOLO -- Pemkot Solo bakal memulai revitalisasi Alun-Alun Utara atau Alut Keraton Solo pada Maret mendatang seusai menyewa lokasi itu untuk pasar darurat pedagang Pasar Klewer.

Untuk keperluan Pemkot menyiapkan anggaran senilai Rp1,3 miliar. Pemkot melalui Dinas Perdagangan (Disdag) berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah terkait revitalisasi cagar budaya tersebut.

Menurut rencana, penataan kawasan Alut bakal dimulai paling cepat Maret mendatang. Proyek senilai Rp1,3 miliar tersebut merupakan salah satu klausul dalam sewa menyewa lokasi tersebut sebagai pasar darurat Pasar Klewer.

Baca Juga: Positif Covid-19 Klaten Tambah 86 Kasus, 3 Orang Meninggal

Kasi Pembangunan dan Pemeliharaan Pasar Disdag Kota Solo, Joko Sartono, mengatakan rencana revitalisasi akan mengembalikan Alut Keraton Solo seperti kondisi semula sesuai perjanjian sewa.

Joko mengatakan kemungkinan revitalisasi itu hanya mengganti paving dan pagar yang rusak. Intinya dikembalikan sama seperti sebelum menjadi pasar darurat.

"Dengan luasan 3,7 hektare, anggaran senilai itu untuk mengembalikan seperti semula. Kami berkoordinasi dengan BPCB karena Alun-alun Utara merupakan bangunan cagar budaya,” katanya saat wawancara dengan Solopos.com, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Duh! 70% Warung Angkringan Solo Melanggar Aturan Selama PPKM Periode I

Butuh Waktu Tiga Bulan

Selain koordinasi sebelum revitalisasi, BPCB juga bakal mendampingi seluruh proses revitalisasi Alut Keraton Solo itu. Kepala Disdag Solo, Heru Sunardi, mengatakan revitalisasi tak menambah ornamen apa pun.

Pemkot berupaya mengembalikan Alun-alun Utara seperti sediakala. “Pagar yang mengelilingi Alun-alun Utara sebagian rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Sedangkan pavingnya ikut dibongkar saat kios-kios darurat dibongkar. Ya, kami kembalikan seperti semula,” jelasny.

Proses revitalisasi Alut Keraton Solo itu sekurang-kurangnya membutuhkan waktu tiga bulan. Ia menyebut pembongkaran kios darurat Pasar Klewer di Alun-alun Utara sudah rampung pada 10 November lalu.

Baca Juga: Rumkitlap Vastenburg Solo: Belasan Tenda Berfasilitas Lengkap Siap Tampung Pasien Covid-19

Pedagang sudah pindah dari lokasi itu sejak pertengahan Oktober 2020. Ratusan kios darurat tersebut dibangun bersumber dari Dana Bantuan Gubernur (Bangub), corporate social responsibility (CSR) perbankan, dan APBD Solo.

“Perjanjian sewa menyewa sudah selesai setelah perpanjangan beberapa kali. Setelah selesai revitalisasi, pengelolaan Alun-alun Utara akan kami kembalikan ke Keraton, dalam hal ini PB XIII Hangabehi. Kalau Maret mulai revitalisasi, tiga bulan kemudian rampung berarti paling cepat selesai Mei. Itu kalau lelangnya lancar,” kata Heru.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago