SOLOPOS.COM - Beberapa pikap mengangkut sapi kurban Pemkot Solo yang dihibahkan ke delapan masjid di lima kecamatan Kota Solo, Minggu (10/7/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo memberikan delapan ekor sapi kurban ke beberapa masjid yang tersebar di lima kecamatan pada perayaan Iduladha tahun ini. Masjid-masjid itu akan menerima masing-masing satu ekor sapi dari Pemkot Solo.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, seusai mengikuti salat Iduladha, Minggu (10/7/2022), di Masjid Baitul Hikmah Balai Kota Solo. Teguh juga memimpin upacara penyerahan kurban sapi ke masing-masing perwakilan masjid yang menerimanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara berdasarkan pantauan Solopos.com, ada tiga truk pengangkut delapan ekor sapi yang sudah siap mengantar sapi ke masjid penerima. Ia mengatakan total ada delapan sapi kurban Pemkot Solo untuk lima kecamatan.

Selain itu, ada dua ekor untuk disembelih di masjid Balai Kota Solo dan satu ekor diberikan ke Balai Muhammadiyah, Keprabon Solo. “Hibah dari Pemkot Solo kepada masyarakat di lima kecamatan. Kemudian dua [ekor] ada di sini [balai kota], tambahan lagi satu [ekor] di Balai Muhammadiyah,” tutur Teguh seusai Salat Iduladha, Minggu (10/7/2022).

Ada sekitar delapan masjid yang akan menerima sapi tersebut. Mereka yakni Masjid Gandekan, Masjid Al Amanah Joyosuran, Masjid Fadhilah Kedunglumbu Pasar Kliwon, Masjid Ar-Rohmah Kelurahan Sumber.

Baca Juga: Kiat Memasak Daging Kurban Menurut Dinas Ketahanan Pangan Solo

Kemudian Masjid Baitul Hakim Tipes Serengan, Masjid Al Ikhlas Jajar Laweyan, Masjid Darul Karomah Gandekan Jebres, dan Masjid Kampung Cengklik Nusukan.

Sapi Kurban Presiden Jokowi

Selain dari Pemkot Solo, Teguh mengatakan ada dua ekor sapi kurban dari Presiden Jokowi yang masing-masing diberikan di Masjid Al Wustho Mangkunegaran dan Masjid Agung Keraton Solo. “Kami juga akan menerima bantuan sapi yang nanti akan diserahkan ke Masjid Jami’ Al Wustho. Itu hibah presiden satunya di Masjid Agung [Solo],” jelasnya.

Satu ekor sapi yang akan disembelih di Balai Kota Solo rencananya dibagikan kepada masyarakat sekitar kawasan kantor pemerintahan tersebut. Khususnya kepada masyarakat Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Baca Juga: Buuum! Sapi Kurban Jokowi di Mangkunegaran Solo Disembelih 15 Orang

Masyarakat wilayah tersebut, menurut Teguh, memang biasanya juga menerima pembagian daging kurban langsung dari balai kota. “Kepada masyarakat sekitar. Kalau kampung baru ini kan tidak pernah kita beri di masjid mana gitu. Tapi langsung pull di sini,” imbuh Teguh.

Teguh juga menyampaikan kondisi pedagang hewan kurban pada Iduladha 1443 H/2021 M. Menurutnya, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) juga memengaruhi jual beli kambing. Meski sejauh ini kasus PMK banyak menimpa ternak sapi.

“Kali ini termasuk kambing juga kena dampaknya. Para pedagang saya dengar juga menyampaikan memang dampaknya tidak seperti pada sapi. [Penjualan] Tidak semaksimal tahun sebelumnya. Kalau jumlah kurban se-Solo saya kira ada penurunan jumlah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya