SOLOPOS.COM - Pengurus Forum Anak Surakarta mengikuti kegiatan pemantapan bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, di Balai Kota Solo, belum lama ini. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendorong Forum Anak Surakarta untuk aktif dalam sosialisasi protokol kesehatan terhadap usia sebaya. Di masa pandemi, Forum Anak Surakarta didorong menjadi pelopor protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Solo, Sri Wardani Purbowijoyo, mengatakan fungsi Forum Anak Surakarta adalah sebagai pelopor dan pelapor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selama masa pandemi ini, tentunya diharapkan anak-anak ini bisa menjadi pelopor bagaimana melaksanakan protokol kesehatan. Misalnya mengajak temannya memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun dan sebagainya,” katanya saat ditemui dalam acara Pemantapan Forum Anak Surakarta di Balai Tawangarum Balai Kota, Solo, Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Swasta, Ini 8 SD Negeri Favorit di Kota Solo

Sebagai pelapor, lanjut Sri Wardani, anak-anak diharapkan berani untuk melaporkan jika menemukan tindakan yang kurang baik. Pembekalan atau pemantapan Forum Anak Surakarta tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Selain untuk pelopor protokol kesehatan, anak-anak diharapkan bisa menjadi pelopor vaksinasi. Meski untuk vaksinasi anak baru pada batas usia 12 tahun ke atas diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada teman-temannya bahwa vaksin itu penting dan vaksin itu tidak sakit.

Dengan begitu, anak yang sudah memenuhi kriteria vaksinasi, tidak ragu dan takut untuk ikut disuntik vaksin. “Kadang kalau orang tua yang memberi tahu tidak direspons. Kalau teman sebaya mungkin bisa termotivasi,” lanjutnya.

Baca Juga: Sarana Tak Memadai, Siswa 6 SMP Solo Harus Numpang ANBK di Sekolah Lain

Temuan di Lapangan

Ketua Forum Anak Surakarta, Muhammad Irfan Al Kautsar, mengatakan sosialisasi mengenai protokol kesehatan dapat dilakukan ketika ada temuan di lapangan. Misalnya ketika ada anak sedang main sepeda tidak memakai masker. “Hal yang bisa kami lakukan adalah mengajak anak-anak yang lain untuk bisa mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Wakil Ketua Forum Anak Surakarta, yang juga perwakilan Forum Anak Jawa Tengah, Alexander Jason Lee, mengatakan dari Forum Anak Surakarta juga menyuarakan mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak.

Baca Juga: PPKM, Pura Mangkunegaran Solo Justru Sibuk Restorasi Bangunan

Sebab kalangan anak juga tidak luput dari ancaman persebaran Covid-19. Sementara anak juga butuh perlindungan agar dapat kembali beraktivitas di sekolah.

“Kami menyampaikan soal vaksinasi juga [kepada pemerintah]. Saat itu Solo belum ada vaksinasi anak. Kami minta agar ada vaksinasi agar bisa sekolah lagi. Anak-anak di Solo juga semangat karena sudah pengin sekolah. Kami daftar yang memenuhi kriteria sasaran vaksinasi, berupaya agar anak yang sesuai kriteria bisa divaksin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya