Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pemkot Semarang Terima Bus Listrik dari PT Mobil Anak Bangsa

Pemerintah Kota Semarang baru saja menerima bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa yang akan digunakan di berbagai kawasan.
SHARE
Pemkot Semarang Terima Bus Listrik dari PT Mobil Anak Bangsa
SOLOPOS.COM - Bus listrik pesanan Pemkot Semarang karya PT Mobil Anak Bangsa diujicobakan di Balai Kota Semarang, Jumat (11/8/2022). (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang, Jawa Tengah (Jateng), akan memperbanyak jumlah kendaraan atau mobil operasional yang menggunakan tenaga listrik. Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat menerima bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa di Balai Kota Semarang, Jumat (12/8/2022).

“Sebagai tahap awal nanti kendaraan patroli Dinas Perhubungan [Dishub] akan menggunakan tenaga listrik,” kata Wali Kota Semarang.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Wali Kota Semarang yang karib disapa Hendi itu mengaku rencana untuk memperbanyak mobil atau kendaraan operasional yang menggunakan tenaga listrik merupakan upaya mengurangi emisi karbon dari kendaraan berbahan bakar fosil.

Dia menjelaskan komitmen Pemkot Semarang dalam mengurangi emisi, sekaligus menekan penggunaan kendaraan pribadi, sudah dilakukan. Salah satunya melalui kebijakan wajib menggunakan transportasi umum bagi ASN setiap hari Rabu.

Selain itu, Pemkot Semarang juga telah mengalokasikan anggaran untuk pengaadan bus listrik dan perangkat pengisi dayanya. “Anggaran Rp5,1 miliar, Rp4,5 miliar untuk pembelian bus, sisanya untuk charger-nya,” kata Wali Kota Semarang yang karib disapa Hendi itu.

Baca juga: Pemkot Semarang Raih Rekor Leprid Karena Ini

Hendi berharap bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa yang baru saja didapat itu bisa digunakan di berbagai kawasan di Kota Semarang, termasuk daerah dengan kondisi jalan menanjak dan menurun.

“Nantinya akan dikelola Dishub, bisa melayani rute hingga daerah [Semarang] atas,” jelasnya.

Adapun wacana penggunaan bus listrik sebagai armada Bus Trans Semarang, menurutnya, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Bus listrik pesanan Pemkot Semarang itu memiliki panjang sekitar 12 meter dengan kapasitas 45 penumpang.

Baca juga: Inovasi Baterai Jadi Tantangan Utama Pengembangan Kendaraan Listrik

Bus tersebut memiliki kapasitas baterai 315 kwh dan mampu menempuh jarak hingga 250 km untuk sekali pengisian daya.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode