SOLOPOS.COM - Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, tampak menjajal kacamata VR untuk mengakses layanan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Salatiga berupa Virtual Library di Hotel Asri, Rabu (22/6/2022). (Solopos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGAPemerintah Kota Salatiga meluncurkan Virtual Library di Hotel Laras Asri, Kota Salatiga, Rabu (22/6/2022). Peluncuran aplikasi ini dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, melalui sebuah alat berbentuk kacamata yang dinamakan Virtual Reality (VR).

Virtual Library merupakan inovasi baru dari Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. Aplikasi ini mampu menampilkan berbagai potensi dan literansi Kota Salatiga, baik dari segi wisata, kuliner, hingga sejarah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kacamata ini bagus, kaget saja tadi. Di sini tidak cuma literasi, tapi juga ada tumpang koyor, tempat wisata, dan lain-lain. Saya minta tampilannya bisa diubah setiap saat dan berlainan supaya lebih bervariatif. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi OPD, UMKM dan yang lainnya agar lebih informatif, sehingga menambah keterjangkauan informasi untuk masyarakat,” ujar Sinoeng dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu.

Sinoeng, juga menginginkan masyarakat dan komunitas untuk bisa mengakses dan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Salatiga tadi. “Saya mendukung sepenuhnya terkait inovasi ini. Dan mungkin belum maksimal, tentunya akan ada harapan-harapan ke depan yang belum terakomodasi, sehingga bisa dilengkapi dalam menguatkan informasi secara digital,” jelasnya.

Menurut Sinoeng, Virtual Library merupakan sebuah inovasi baru yang nantinya akan lebih bermanfaat bagi masyarakat Kota Salatiga maupun daerah lain yang ingin mengetahui potensi Salatiga. Hal itu tentunya akan menumbuhkan lebih banyak minat warga untuk mengetahui informasi yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. Terlebih, keberadaan Virtual Library juga mendapat dukungan komunitas kepustakaan dan teman-teman dari kabupaten/kota di Jateng.

Baca juga: Wow! Anggaran THR untuk PNS Pemkot Salatiga Capai Rp20 Miliar

“Ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan yakni promosi. Dengan promosi ini jangan hanya berhenti pada durasi tertentu, namun dilakukan terus-menerus. Kemudian pembaharuan tampilan menunya harus update. Dan yang ketiga adalah bagaimana kita bisa mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan untuk informasi secara virtual,” pungkas Sinoeng.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya